androidvodic.com

Nadiem: Dana Indonesiana Digunakan untuk Riset Kebudayaan hingga Ruang Budaya - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan dana abadi kebudayaan yang dinamakan Dana Indonesiana akan dimanfaatkan untuk kegiatan kebudayaan.

Dana Indonesiana, kata Nadiem, untuk membantu pemulihan kegiatan pemajuan kebudayaan yang terdampak pandemi.

"Pertama, dukungan pada organisasi, lembaga, dan ruang budaya secara berkelanjutan," kata Nadiem dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode Kedelapan Belas: Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana, Rabu (23/3/2022).

Nadiem berharap ruang-ruang publik dapat menjadi media untuk mengakses kebudayaan.

Ruang publik, menurut, Nadiem, harus menjadi wadah bagi begitu banyak kreator dan seniman.

Baca juga: Nadiem Makarim: Aspek Ekspresi Budaya Indonesia Masih Rendah

Melalui Dana Indonesiana, Nadiem berharap mampu menghidupkan bergabai event dan festival kebudayaan.

Pendanaan itu juga diarahkan untuk mendukung produksi dan distribusi karya seni, yang dampaknya akan meningkatkan keragaman ekspresi budaya oleh para pelaku budaya.

Kemudian untuk mendukung karya-karya terbaik Indonesia untuk berkiprah di panggung internasional.

"Jadi salah satu tanggung jawab kita adalah untuk dokumentasi semua knowledge dan know how terhadap tradisi kita yang sudah turun temurun itu harus kita kodifikasi biar generasi berikutnya masih bisa mengalami, masih bisa belajar mengenai tradisi-tradisi seni dan budaya kita," jelas Nadiem.

Selain itu, Nadiem mengatakan Dana Indonesiana dapat digunakan untuk membiayai kerja-kerja riset dan kajian yang bermanfaat untuk pengembangan dan pemanfaatan warisan budaya.

Menurutnya, jika seluruh aspek budaya ini membaik secara signifikan, maka identitas budaya dan ketahanan budaya Indonesia akan semakin kuat.

"Nilai-nilai kebudayaan pun kemudian akan berdampak besar pada kohesi sosial masyarakat Indonesia,” pungkas Nadiem.

Seperti diketahui, Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meluncurkan Dana Abadi Kebudayaan sebagai Merdeka Belajar Episode Kedelapan Belas: Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana.

Dana Indonesiana, kata Nadiem, untuk membantu pemulihan kegiatan pemajuan kebudayaan yang terdampak pandemi.

“Dengan Dana Indonesiana, pemerintah berupaya untuk hadir dan bergerak bersama masyarakat untuk memulihkan kebudayaan dari situasi pandemi dan mendorong pemajuan kebudayaan dengan dukungan dana abadi yang sifatnya lebih stabil dan berkelanjutan," ujar Nadiem dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode Kedelapan Belas: Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana, Rabu (23/3/2022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat