androidvodic.com

Ucapkan Selamat Hari Raya Suci Waisak, Menteri Agama Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan dan Kedamaian - News

Laporan Wartawan News, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Buddha di Indonesia yang merayakannya pada Senin (16/5/2022).

Dalam momentum ini ia mengingatkan ihwal seluruh umat Buddha di Indonesia punya tanggung jawab yang sama untuk ikut membangun masyarakat yang damai, rukun, dan sejahtera.

Sama halnya seperti dalam agama Buddha, Pangeran Siddharta yang mengajarkan umat Buddha tentang Majjhima Patipada, ajaran tentang pentingnya praktek kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat.

"Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian. Seluruh umat Buddha Indonesia tentu mempunya tanggung jawab yang sama untuk ikut membangun masyarakat yang damai, rukun, dan sejahtera. Dan itu bisa dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki," dalam video rilis Kemenegad di Instagram @kemenag_ri, Senin (16/5/2022).

Dalam momentum Waisak ini besar harapan Yaqut untuk seluruh umat untuk terus perkuat moderasi beragama dan merekatkan tali persudaraan antar sesama.

Hal ini, tambahnya, sebagaimana yang diajarkan dalam Kitab Suci Dhammapada, syair 194. 

"Kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembanaran ajaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagian," ujarnya mengutip Kitab Suci Dhammapda, Syair 194.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat