androidvodic.com

Polisi Ungkap Peran 24 Orang Pendukung MIT Poso-ISIS, Gelar Pelatihan Hingga Siapkan Amunisi - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Polri mengungkap peran dan keterlibatan 24 orang teroris pendukung Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan ISIS yang ditangkap pada Sabtu (14/5/2022).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan bahwa tersangka yang ditangkap diduga pernah menggelar pelatihan yang terkait tindak pidana terorisme.

"24 orang tersangka yang telah diamankan dan ditangkap oleh Densus 88 yaitu secara umum mereka beberapa kali mengikuti giat idat atau pelatihan-pelatihan," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Ramadhan menuturkan bahwa para tersangka juga pernah memberikan dukungan MIT Poso dengan menyiapkan sejumlah logistik hingga amunisi.

"Memberikan dukungan kepada kelompok MIT Poso berupa berencana bergabung bersama kelompok MIT, membantu penyiapan logistik termasuk logistik amunisi dan menyembunyikan informasi-informasi terkait dengan kegiatan MIT Poso itu sendiri," ungkap dia.

Di siai lain, ia menuturkan 24 teroris pendukung MIT Poso dan ISIS yang ditangkap tersebut telah berbaiat dengan pimpinan ISIS terbaru Abu Hasan Al-Hashimi.

Diketahui, Al-Hashimi terpilih menjadi pimpinan ISIS terbaru setelah kematian pemimpin sebelumnya, Abu Ibrahim al-Qurashi. Dia meledakkan dirinya dalam serangan oleh pasukan khusus Amerika Serikat di barat laut Suriah.

"Kita ketahui organisasi ISIS sudah memiliki pemimpin yang baru. Jadi, beberapa orang ini telah melakukan baiat kepada pemimpin ISIS yang baru yaitu Abu Hasan Al-Hashimi Al-Quraisy," jelas dia.

Ramadhan menyampaikan bahwa para tersangka juga diminta untuk menfirimkan sebuah video ke grup Whatsapp (WA) yang menunjukkan bahwa mereka telah mengucap baiat kepada Al-Hashimi.

Baca juga: 24 Teroris yang Ditangkap Telah Berbaiat kepada Pimpinan ISIS Abu Hasan Al-Hashimi Lewat Medsos

"Jadi memberikan pernyataan atau baiat mereka dengan membaca teks dan dikirim melalui grup WA," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Polri kembali melakukan kegiatan senyap dengan menangkap sejumlah tersangka teroris. Kali ini, pelaku yang tertangkap diduga para pendukung Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan ISIS.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menuturkan bahwa total tersangka yang ditangkap berjumlah 24 orang.

"Update Penangkapan tersangka teroris. Densus 88 Antiteror Polri menangkap 24 tersangka teroris para pendukung MIT Poso dan pendukung ISIS," kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Senin (16/5/2022).

Dijelaskan Ramadhan, pelaku ditangkap pada Sabtu 14 Mei 2022 lalu. Seluruhnya ditangkap di tiga daerah terpisah.

"Penangkapan dilakukan hari Sabtu tanggal 14 mei 2022. Rinciannya, 22 orang di Sulawesi Tengah, 1 di Bekasi dan 1 di Kalimantan Timur," pungkasnya.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat