androidvodic.com

Stasiun Gambir Tidak Pensiun, Tapi akan Difungsikan Khusus untuk KRL - News

News - Isu bahwa Stasiun Gambir telah pensiun tidak benar.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan bahwa saat ini Stasiun Gambir masih melayani pelanggan Kereta Api Jarak Jauh.

"Terkait adanya rencana pengalihfungsian Stasiun Gambir, tentu KAI mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. KAI masih terus berkordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk hal tersebut," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui siaran persnya.

Baca juga: Stasiun Gambir Direncanakan Kembali Melayani Perjalanan KRL

Baca juga: Stasiun Gambir Masih Layani Perjalanan KA Jarak Jauh

Jika nantinya ada perubahan pelayanan di Stasiun Gambir, pastinya KAI akan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terlebih dahulu.

Masyarakat yang sudah membeli tiket dan akan naik Kereta Api Jarak Jauh tidak perlu khawatir, karena isu bahwa Stasiun Gambir telah pensiun tidak benar.

Saat ini Stasiun Gambir terus melayani pelanggan KA Jarak Jauh dengan rata-rata 7.928 pelanggan per hari di bulan Juni 2022.

Stasiun Gambir Bakal Difungsikan Khusus untuk KRL

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan mengungkap rencana akan mengalihfungsikan Stasiun Gambir khusus untuk KRL Commuter Line.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulus mengatakan, hal ini sesuai dengan master plan pembangunan Stasiun Manggarai untuk program Double Double Track (DDT).

Baca juga: KAI Commuter Pakai Peron 9 Kereta Bandara untuk Optimalkan Perjalanan KRL

Pasalnya, pada master plan tersebut juga desain dan fasilitas Stasiun Manggarai yang saat ini sedang dibangun memang untuk kereta jarak jauh berhenti sampai di Stasiun Manggarai.

"Jadi nanti untuk yang Gambir akan difungsikan untuk naik-turun penumpang KRL," ujarnya saat NGOBRAS: Ngobrol Bareng Komunitas di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Setelah Stasiun Manggarai selesai, maka Stasiun Gambir akan dihentikan untuk melayani perjalanan KA jarak jauh.

Dengan difungsikannya Stasiun Gambir untuk naik-turun KRL, maka dapat memudahkan penumpang KRL menuju pusat kota dan dapat mengurangi beban penumpang yang turun di Stasiun Sudirman.

(News/Widya) (Kompas.com/Isna Rifka Sri Rahayu)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat