androidvodic.com

Profil Laksda Abdul Rasyid, Dilantik Jadi Pangkoarmada RI, Pernah Mengemban Posisi Strategis di KRI - News

News - KSAL, Laksamana Yudo Margono melantik Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid menjadi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI.

Pelantikan sekaligus acara serah terima jabatan (sertijab) itu dilakukan di Kompleks Satuan Kapal Koarmada I, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/6/2022) kemarin.

Dengan dilantiknya Laksda Abdul Rasyid, maka pria kelahiran Sinjai ini menjadi Pangkoarmada RI kedua setelah Laksdya TNI Agung Prasetiawan.

Laksda Abdul Rasyid menggantikan Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan yang akan memasuki masa pensiun dari dunia kemiliteran.

Baca juga: PROFIL Laksda Abdul Rasyid, Resmi Jadi Pangkoarmada RI, Pernah Pimpin Pencarian Sriwijaya Air SJ-182

Baca juga: KSAL Pimpin Upacara Sertijab, Laksda Abdul Rasyid Resmi jadi Pangkoarmada RI

Selain itu, dengan posisi baru yang diemban Abdul Rasyid, otomatis membuatnya akan mengemban pangkat Laksdya atau perwira tinggi bintang tinggi.

Sebab, jabatan Pangkoarmada RI merupakan posisi bintang tiga.

Di dunia militer, Laksda Abdul Rasyid dikenal sebagai sosok perwira tinggi TNI AL yang kenyang pengalaman di kapal perang.

Selengkapnya, inilah sosok Laksda TNI Abdul Rasyid yang kini menjadi Pangkoarmada RI, dirangkum News dari berbagai sumber:

1. Profil Laksda Abdul Rasyid

Inilah profil Laksda Abdul Rasyid yang kini resmi menjadi Pangkoarmada RI. Ia pernah memimpin pencarian Sriwijaya Air yang jatuh di Kepulauan Seribu.
Laksda Abdul Rasyid yang kini resmi menjadi Pangkoarmada RI.  (wikimedia.org)

Laksda Abdul Rasyid memiliki nama lengkap Abdul Rasyid Kacong dan memiliki gelar Sarjana Ekonomi, Magister Manajemen, dan Sarjana Terapan Strategi Operasi Laut (S Tr Opsla)

Ia lahir di Sinjai, Sulawesi Selatan pada 28 September 1964 sehingga saat ini, usianya 57 tahun.

Laksda Abdul Rasyid merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke- XXXIII/tahun 1988.

2. Kenyang Pengalaman di Kapal Perang

Dikutip dari Kompas.com, karier militer Laksda Abdul Rasyid dimulai sejak dilantik menjadi perwira TNI AL dengan pangkat letnan dua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat