androidvodic.com

Anies Baswedan Terpilih Jadi Kandidat Capres NasDem, Pengamat: Tak Lagi Jadi Layangan Putus - News

News - Pengamat Komunikasi Politik, Effendi Gazali menganggap, dipilihnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) Partai Nasional Demokrat (NasDem) menjadi suatu bentuk kepastian bagi mantan Mendikbud itu.

Sebab, NasDem menilai Anies memiliki potensi untuk diusung oleh partai politik (parpol) dan dapat maju dalam Pilpres 2024.

Effendi pun mengibaratkan dipilihnya Anies sebagai kandidat capres Partai NasDem seperti layangan putus.

“Anies sudah tidak lagi jadi layangan putus. Sudah jelas ada partai berencana mengusungnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/6/2022).

Di sisi lain, Effendi juga melihat potensi naiknya elektabilitas yang akan diterima kandidat capres lain dari Partai NasDem yaitu Panglima TNI, Andika Perkasa.

“Andika sekarang resmi masuk bidikan sebuah partai. Biasanya elektabilitas bisa meningkat beberapa kali lipat,” katanya.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa hingga Anies Baswedan Dipilih Jadi Kandidat Capres NasDem, Ini Kata Pengamat

Baca juga: FAKTA soal Andika Perkasa yang Kini Jadi Bakal Capres Partai Nasdem, Kariernya Melejit di Era Jokowi

Namun dibalik kandidat yang dipilih oleh Partai NasDem, Effendi menilai Jenderal Andika akan paling diuntungkan untuk diusung.

“Jenderal Andika relatif paling diuntungkan (menjadi kandidat capres NasDem). Sekarang Jenderal Andika resmi mendapat lampu sorot panggung.”

“Berarti kini ada kompetitor Prabowo, jika rakyat menghendaki kombinasi sipil-militer atau militer sipil,” tutur Effendi.

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa diusulkan secara resmi menjadi bakal calon presiden Partai NasDem. Simak harta kekayaan Ganjar, Andika Perkasa dan Anies Baswedan
Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa diusulkan secara resmi menjadi bakal calon presiden Partai NasDem. Simak harta kekayaan Ganjar, Andika Perkasa dan Anies Baswedan (kolase tribunnews)

Diberitakan Tribunnews sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengumumkan tiga nama calon presiden (capres) yang diusungnya.

Tiga nama kandidat capres tersebut, ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pengumuman itu, disampaikan Surya Paloh dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di JCC Senayan pada Jumat (17/6/2022) malam.

Surya Paloh menilai dari ketiga kandidat capres merupakan pilihan kader-kader NasDem di Rakernas.

"Saya akan bacakan, penetapan rekomendasi bakal capres pada Pemilu 2024. Pertama, Anies Rasyid Baswedan. Kedua, Muhammad Andika Perkasa. Ketiga, Ganjar Pranowo," katanya, Sabtu (18/6/2022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat