androidvodic.com

Jenderal Andika Perkasa hingga Anies Baswedan Dipilih Jadi Kandidat Capres NasDem, Ini Kata Pengamat - News

News - Partai Nasional Demokrat (NasDem) telah memilih kandidat calon presiden (capres) untuk diusung yaitu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Jumat (17/6/2022) dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di JCC Senayan.

Dikutip dari Tribunnews, Andika, Ganjar, dan Anies dinilai memiliki kualifikasi sebagai capres NasDem.

Sehingga, usai dipilihnya kandidat ini maka Partai NasDem akan menjalin komunikasi dengan ketiga tokoh tersebut.

“Setelah ini keputusan (pengusungan) akan kami kirim pada para kandidat dan secara kultural kami akan jalankan komunikasi dengan tiga kandidat itu,” ujar Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya pada Sabtu (18/6/2022).

Baca juga: Nasdem Usung Ganjar Pranowo Bakal Capres, Puan Maharani Mengaku Tak Terganggu: Biasa Saja!

Baca juga: Ganjarist: NasDem Mendengarkan Aspirasi Masyarakat Kalangan Bawah yang Mendukung Ganjar

Willy mengatakan alasan Partai NasDem memilih Ganjar dan Anies lantaran keduanya domninan dalam berbagai survei.

Sedangkan alasan memilih Andikan karena figurnya dianggap berimbang lantaran memiliki komitmen menjaga negara dan bangsa, menjaga stabilitas dan keseimbangan serta merepresentasikan kelompok sipil dan militer.

Lalu bagaimana peta politik di Indonesia usai dipilihnya Andika, Ganjar, dan Anies menjadi capres 2024 oleh Partai NasDem? Berikut analisa oleh pengamat politik.

Langkah yang Berani dan Perlu Diapresiasi

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa diusulkan secara resmi menjadi bakal calon presiden Partai NasDem. Simak harta kekayaan Ganjar, Andika Perkasa dan Anies Baswedan
Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa diusulkan secara resmi menjadi bakal calon presiden Partai NasDem. Simak harta kekayaan Ganjar, Andika Perkasa dan Anies Baswedan (kolase tribunnews)

Pengamat politik sekaligus pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satiro menilai langkah Partai NasDem yang telah memilih kandidat capres untuk Pilpres 2024 adalah sebuah langkah yang luar biasa dan patut diapresiasi.

Selain itu, Hendri mengatakan hal ini bisa menjadi langkah yang bisa dicontoh oleh partai lain.

“Ini harus diapresiasi ya NasDem, keren banget. Dia mengambil dua contoh langkah berani yang mudah-mudahan bisa ditiru oleh partai lain.”

“Pertama adalah mengumumkan capres di awal, itu luar biasa sehingga masyarakat bisa menilai calon-calon presidennya siapa saja sehingga gak membeli kucing dalam karung,” jelasnya saat dihubungi Tribunnews, Sabtu (18/6/2022).

Selanjutnya, Hendri menganggap dipilihnya capres dari luar Partai NasDem merupakan prestasi yang luar biasa.

“Terlepas ada nama Ganjar di sana tapi ada nama Anies Baswedan dan Andika Perkasa itu bukan merupakan nama sembarang yang didorong NasDem.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat