androidvodic.com

Kemenkes Hadirkan Teknologi Virtual Reality di Jakarta Fair - News

Laporan wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah meluncurkan teknologi kesehatan Virtual Reality (VR) di Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta.

Teknologi Virtual Reality tersebut bertujuan untuk mengedukasi pengunjung Jakarta Fair seputar kesehatan dan cara-cara menghadapi situasi darurat ketika menangani pasien yang sakit di tempat umum.

“Adanya teknologi VR ini sebagai edukasi, misalnya untuk menangani orang yang pingsan. Selain itu ada juga pelatihan seputar kesehatan,” kata Staf IT RSUD Kardinah, Sadewa.

“Misalnya di jalan lagi ramai, tiba-tiba ada yang pingsan, kan banyak orang dan enggak mungkin kita bisa langsung panggil perawat, jadi kita bisa langsung tangani, gitu,” lanjut dia.

Tak hanya itu, penanggung jawab stan Kemenkes, Vestianti menambahkan selain teknologi VR, Kemenkes juga menghadirkan berbagai layanan kesehatan gratis untuk pengunjung Jakarta Fair.

Baca juga: Kembali Digelar Setelah Dua Tahun, Intip Sejarah dan Fakta Unik Jakarta Fair!

Beberapa di antaranya seperti vaksinasi booster Covid- 19 dan juga pemeriksaan kesehatan.

“Kita ada pelayanan tes kesehatan seperti cek gula darah, kolestrol, tensi, berat badan, dan konsultasi kesehatan, kami juga bekerjasama dengan tenaga kesehatan dari beberapa puskesmas,” ujar Vestianti.

“Kemudian kita juga ada promosi kesehatan dengan aktivasi olahraga melalui Nintendo, jadi pengunjung dapat melakukan olahraga melalui games Nintendo yang sudah kami sediakan,” imbuhnya.

Baca juga: Vaksin Booster Gratis Tersedia di Jakarta Fair 2022, Catat Jadwal dan Cara Daftarnya

Teknologi VR, Nintendo, maupun layanan kesehatan gratis ini dapat langsung dicoba oleh pengunjung di Hall B2 arena JIEXPO
Kemayoran.

Jakarta Fair tahun ini diadakan selama 39 hari penuh mulai tanggal 9 Juni hingga 17 Juli 2022 di Arena JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jakarta Fair dibuka pukul 15.30-22.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat, serta pukul 10.00-22.00 WIB pada Sabtu dan Minggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat