androidvodic.com

Hadir Apa Adanya dan Rileks, Ketulusan Iriana Widodo Dampingi Misi Damai Jokowi ke Ukraina dan Rusia - News

News, JAKARTA - Ketulusan Ibu Negara Iriana Widodo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke Ukraina dan Rusia mendapat sorotan.

Siti Ruhaini Dzuhayatin Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) mengatakan kunjungan Iriana widodo mempunyai signifikansi tersendiri.

"Pertama menggambarkan keteguhan beliau yang tidak semata mendampingi Presiden Jokowi, tapi memiliki keteguhan misi damai ini perlu dilakukan untuk mengakhiri krisis kemanusiaan yang terjadi di Ukraina," kata Siti di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya ada ketulusan dan kesungguhan yang ditunjukan Iriana Widodo, melihat banyak anak-anak dan perempuan yang jadi korban perang antara Ukraina dan Rusia 

"Kedua memberikan pesan bahwa ada kesungguhuan dari Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam mengupayakan misi damai ini atas dasar persahabatan yang tulus," kata Siti.

Siti meyakini, langkah Presiden Jokowi menggunakan pendekatan soft diplomacy antar kepala negara menjadi lebih efektif.

"Apalagi mengedepankan perasaan dan kedekatan emosional. Yang dilakukan di dalam satu pendekatan soft diplomacy layaknya sahabat, Presiden Jokowi dan Ibu Negara hadir apa adanya, rilkes. Kemudian menunjukan juga kesungguhan sebagai sahabat mengerti apa masalah dan mencoba cari soulsinya," kata Siti.

Siti Ruhaini Dzuhayatin Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP).
Siti Ruhaini Dzuhayatin Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP). (tangkap layar zoom)

Simbol diplomasi damai

Sementara itu, pengamat Hubungan Internasional Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Lukman Fahmi Djarwono menilai, hadirnya Iriana dalam lawatan Jokowi mampu memberikan pendekatan lain.

Baca juga: Pelukan Iriana Jokowi kepada Korban Perang di Kyiv: Pesan Perdamaian di Tengah Konflik Rusia-Ukraina

Lukman mengungkapkan ada pendekatan sisi humanis dari Jokowi dan Iriana.

"Ini akan menjadi semacam pendekatan lain dari sisi keibuan."

"Ketika mereka nanti bertemu, ada pembicaraan-pembicaraan yang mungkin di luar 'pembicaraan laki-laki' yang mungkin bisa menjadi ice breaking atau apa yang mampu mengoptimalkan hasil pertemuan," ungkap Lukman saat menjadi narasumber talkshow Tribunnews, Rabu (29/6/2022).

Pendamping Jokowi yang Sejati

Sementara itu, Pengamat Militer dan Keamanan, Connie Rahakundini Bakrie menyebut Iriana adalah pendamping Jokowi yang sejati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat