androidvodic.com

Mitigasi Bencana, Jababeka Tanam Puluhan Ribu Bibit Vetiver Sepanjang 5 Km - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, BEKASI - PT Jababeka Tbk melakukan penanaman puluhan ribu bibit tanaman vetiver di bantaran sungai Cilemahabang dan Cipegadungan - Cikarang.

Kegiatan ini merupakan program kolaborasi pelestarian lingkungan Jababeka Ecoweek 2022.

Managing Director Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono mengatakan penanaman bibit tanaman vetiver sepanjang 5 kilometer (km) bertujuan untuk memitigasi bencana

Menurutnya, tujuan lain kegiatan Jababeka Ecoweek adalah pembangunan berkelanjutan dan terciptanya Jababeka Green Industrial Estate.

Baca juga: Kawasan Jababeka Ajak Desa-desa Sekitar Wujudkan Smart Eco City

“Tanaman vetiver dapat menahan gempuran aliran hujan deras dan menjaga kestabilan tanah sebagai langkah upaya mitigasi bencana," jelas Agung dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Jababeka, kata dia, melakukan penyelamatan lingkungan terhadap keberlanjutan daerah sempadan sungai sebagai upaya revitalisasi dan mitigasi erosi, longsor serta banjir di dalam Kawasan Industri Jababeka.

Agung menjelaskan akar vetiver ditahun pertama bisa mencapai empat meter apabila ditanam dalam kondisi rapat maka dapat memperbaiki struktur tanah dan menyaring sendimen di sungai.

Analis Kebijakan Ahli Madya dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat Eko Priastono menyambut positif program Jababeka Ecoweek 2022.

Baca juga: Jababeka Kembangkan Kawasan Ekonomi Khusus Morotai di Maluku Utara

Dia meyakini penanaman tanaman vetiver sepanjang 5 km bisa membantu menjaga kelestarian ekosistem lingkungan di dalam Kawasan Industri Jababeka dan desa yang berada di sekitarnya

“Berbahagia sekali melihat antusiasme pada kegiatan ini dalam meningkatkan lingkungan menjadi lebih baik. Pada 5 Juni lalu, yang dirayakan sebagai Hari Lingkungan Sedunia, kita diingatkan bahwa kita bumi merupakan satu-satunya tempat kita tinggal dan kita perlu merawatnya agar bumi menjadi tempat yang lebih baik,” tutur Eko.

Kegiatan penanaman vetiver ini, imbuh Eko, melalui program Jababeka Ecoweek diharapkan terus dilakukan, demi menjaga lingkungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat