androidvodic.com

PAN Respon Teguran Jokowi Atas Aksi Zulhas Bagikan Minyak Goreng Murah Sambil Kampanyekan Anak - News

News, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menanggapi pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) agar fokus bekerja.

Sebelumnya pesan itu disampaikan presiden Jokowi menanggapi aksi Zulhas yang membagikan minyak goreng murah seraya mengampanyekan anaknya Futri Zulya Savitri, yang ikut kontestasi pemilihan anggota legislatif (pileg).

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menilai, pesan kepala negara kepada Zulhas itu wajar lantaran saat ini persoalan pangan dan energi berpotensi menjadi krisis global.

Ditambah lagi dampak dari perang Rusia - Ukraina serta inflasi global semakin memperburuk situasi global yang tentu berdampak ke nasional.

"PAN percaya dan yakin bahwa menteri perdagangan akan bekerja serius, fokus, terencana sesuai tugas pokok fungsinya, sebagaimana yang ditugaskan oleh Presiden Jokowi," kata Viva kepada Tribun, Selasa (12/7/2022).

Untuk itu, lanjut Viva, kementerian teknis yang berkaitan dengan produksi dan produktivitas pangan, termasuk Kemendag, mempunyai tanggung jawab besar untuk mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan, serta menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

"Pesan Pak Presiden Jokowi kepada Menteri Perdagangan, Bang Zulkifli Hasan agar fokus bekerja sesuai penugasan dari presiden untuk menjaga stabilitas dalam ketersediaan, distribusi, pasokan, dan harga dari komoditas pangan adalah juga sesuai dengan harapan dari seluruh kader PAN se Indonesia," ujarnya.

Diberitakan sebelummya, aksi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang membagikan minyak goreng murah seraya mengampanyekan anaknya Futri Zulya Savitri, yang ikut kontestasi pemilihan anggota legislatif (pileg), menuai banyak kritikan.

Menanggapi hal tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menterinya untuk fokus bekerja. Hal tersebut disampaikan Jokowi usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa, (12/6/2022).

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," ujar Presiden.

Presiden Jokowi berharap harga minyak goreng curah bisa berada di kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya.

"Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek, karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium," kata Presiden.

Presiden menjelaskan, dari sejumlah pasar yang ia kunjungi harganya memang sudah berada di kisaran harga tersebut.

"Kalau di luar Jawa masih ada yang di atas Rp14 ribu, satu persatu akan kita selesaikan," ungkap Presiden.

Presiden juga menekankan agar para menteri, utamanya yang mengurusi bidang energi dan pangan, agar bisa fokus menangani dua hal tersebut. Menurutnya, saat ini situasi dunia sedang terdisrupsi di dua bidang tersebut.

"Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan, ini penting. Ini saya urus terus urusan yang berkaitan dengan BBM, urusan yang berkaitan dengan energi itu misalnya batu bara semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," katanya.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat