androidvodic.com

Ketika Sandiaga Telepon Istri untuk Borong Produk Kerajinan Limbah Plastik Pelaku UMKM di Banten - News

News, BANTEN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengenalkan produk kerajinan kriya dari limbah plastik kepada istrinya Nur Asia Uno

Awalnya, Sandiaga menelpon sang istri melalui panggilan video untuk memberikan informasi mengenai olahan kriya unik milik Evy Rosita (46).

Rekomendasi itu diberikan Sandiaga saat menghadiri workshop program KaTa (Kabupaten dan Kota) Kreatif yang digelar di kota Cilegon, Banten.

Alhasil, produk olahan limbah plastik tersebut diborong sang istri sebanyak 200 buah.

"Tadi kita bantu pemasarannya dan langsung ada order dari pak Walikota Cilegon 100 dan Nur Corner 200, sehingga itu bisa membuka lapangan kerja bagi ibu-ibu di kampung kreatifnya di kecamatan Grogol Cilegon," ujar Sandiaga saat ditemui dilokasi, Minggu (17/7/2022).

Menurut Sandiaga, alasannya mengenalkan produk kreatif tersebut kepada sang istri, lantaran ingin melariskan UMKM milik Evy.

Terlebih, Evy sendiri sedang membutuhkan biaya pengobatan untuk penyakit kanker payudara yang diidapnya selama empat tahun.

"Tadi ibu Evy mengalami kesulitan soal pemasaran dan dia meminta agar produknya bisa lebih dikenal dan itu akan kita bantu dengan kegiatan pemasaran," katanya.

Sandiaga menerangkan, Evy merupakan sosok yang bisa dijadikan pionir bagi pelaku UMKM lainnya di Indonesia. 

Sebab, limbah plastik yang diolahnya dapat mempunyai nilai jual yang tinggi.

Baca juga: Sandiaga Uno Nilai Fenomena Citayam Fashion Week Bisa Angkat Urban Tourism: Perlu Kita Apresiasi

"Kita lihat ekonomi kreatif di Cilegon bisa menginspirasi kita yaitu soal pengelolaan limbah, yaitu bagaimana limbah ini sekarang menjadi berkah," tegasnya.

"Hal seperti ini lah yang dibutuhkan oleh kota Cilegon dan kabupaten lainnya di Indonesia agar bisa menyakapi masalah ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Evy Rosita menambahkan, program KaTa Kreatif yang digagas Sandiaga Uno dapat membantu pelaku UMKM di kota Cilegon.

Di antaranya membantu dalam proses pemasaran hingga pembiayaan modal usaha.

Dengan begitu, dirinya merasa termotivasi untuk mengembangkan usahanya secara luas, meskipun saat ini harus berjuang melawan penyakit kronis tersebut.

"Ekonomi kreatif terus meningkat dan memberikan peluang yang banyak bagi pelaku UMKM di cilegon, khususnya masyarakat yang selama ini belum memahami akan pentingnya ekonomi kreatif," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat