androidvodic.com

Kunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada, Syafruddin Tantang Santri Buat Penelitian Literasi Al-Quran - News

Laporan Wartawan News, Ferdunand Waskita

News, SEMARANG - Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin mengunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada Kota Semarang, Kamis (28/7/2022).

Kedatangan Syafruddin bersama tim disambut baik oleh Pimpinan Pesantren Riset Al-Muhtada, Dr. Dani Muhtada, beserta para pengurus Pesantren.

Dalam kesempatan itu, Syafruddin menyampaikan bahwa salah satu dari strategi penting untuk memajukan suatu bangsa adalah dengan memberdayakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Baca juga: DMI Akan Gelar Konferensi Internasional Komunitas Masjid ASEAN 2022

Investasi sumber daya manusia yang berkualitas ini tentu hasilnya tidak bisa dilihat secara langsung, tetapi penting untuk dilakukan, serta membutuhkan proses yang panjang dan berkelanjutan.

Menurutnya, para mahasantri di Pesantren Riset Al-Muhtada ini sangat beruntung, karena selain sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Semarang dengan kegiatan kampusnya juga memiliki aktivitas keagaaman serta riset di luar kegiatan kampusnya.

Dr. Dani Muhtada selaku pimpinan pesantren menyambut baik silaturahmi Syafruddin dan tim.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan beberapa program yang telah berjalan di Pesantren Riset Al-Muhtada.

Beberapa program unggulan antar lain kegiatan riset atau penelitian yang dilakukan setiap tahunnya oleh mahasantri.

Outputnya adalah publikasi di jurnal terakreditasi Sinta 1, 2, dan 3. Adapun topik riset atau meneliti yang dilakukan yaitu sosial kemasyarakatan dan keagamaan.

Merespon hal tersebut ,Syafruddin menantang para mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada untuk membuat penelitian tentang tingkat literasi Al-Quran.

Menurutnya, riset tentang hal tersebut sangat penting dilakukan karena Indonesia adalah negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia.

Data tentang literasi Al-Quran ini akan membantu program peningkatan literasi Al-Quran.

Literasi Al-Quran yang baik akan mengantarkan pada pemahaman dan pengamalaman Al-Quran yang lebih baik.

Baca juga: Jusuf Kalla: Komunitas Masjid ASEAN Bisa menjadi Wadah Untuk Mengatasi Radikalisme

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat