androidvodic.com

Anies Baswedan Ungkap Alasan Pilih Pakaian Adat Jawa dan Betawi Saat Resepsi Pernikahan Putrinya - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap ada tiga adat berbeda dalam acara resepsi pernikahan putri sulungnya Mutiara Annisa Baswedan dengan Ali Saleh Alhuraiby.

Diketahui, Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraiby resmi menjadi sepasang suami istri setelah mengucap akad nikah, Jumat (29/7/2022).

Resepsi pun digelar selama tiga hari mulai Jumat hingga Minggu (31/7/2022) di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara.

Anies Baswedan mengatakan, pada resepsi hari pertama, anak dan menantunya menggunakan nuansa pakaian adat Jawa, Jogja, hingga adat khas DKI Jakarta, yakni Betawi.

“Hari ini kita gunakan, rangkaian, ada adat Jawa, Jogja, kemudian juga hari ini ada Betawi,” kata Anies Baswedan kepada wartawan seusai acara resepsi, Minggu (31/7/2022) malam.

Baca juga: Anies Baswedan Jelaskan Alasan Resepsi Pernikahan Putrinya Digelar di Ancol Tiga Hari Berturut-turut

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menjelaskan alasan menggunakan ragam adat berbeda pada pernikahan Tia dan Ali.

Menurut dia, menggunakan beragam adat dalam resepsi ini sebagai wujud melestarikan budaya, mengingat Indonesia punya ragam tradisi.

“Indonesia itu kaya raya, kita ada beberapa kali resepsi sayang betul kalo hanya satu nuansa,” ujar Anies.

Ia menambahkan, konsep pernikahan Tia dan Ali adalah hasil diskusi dan rencana yang telah disepakati oleh semua pihak.

Semua gagasan dalam resepsi ini, sambung dia, atas dasar musyawarah dan mufakat baik pihak orang tua maupun mempelai pengantin.

Baca juga: Kehadiran Para Pimpinan Parpol ke Pernikahan Mutiara, Upaya Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024?

“Jadi ada ide dari Tia, ada ide dari Ferry, ada ide dari dari saya, ada juga ngobrol dengan Ali, adik-adiknya. Jadi ini kombinasi, dari semuanya,” katanya.

Diketahui, Mutiara Annisa Baswedan, putri dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menikah dengan Ali Saleh Alhuraebi.

Akad nikah Mutiara Annisa dan Ali Saleh Alhuraebi berlangsung di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (29/7/2022) pukul 08.30 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat