androidvodic.com

BREAKING NEWS: Jenazah Almarhum Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra tiba di Rumah Duka  - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News,JAKARTA - Jenazah Almarhum Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra tiba di rumah duka, pada Senin (19/9/2022) malam.

Diketahui rumah duka almarhum Azyumardi Azra berlokasi di Perumahan Puri Laras II, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Terlihat jenazah Azyumardi Azra dibawa dengan menggunakan kendaraan ambulans berwarna putih diiringi oleh rombongan keluarga dengan menggunakan kendaraan minibus dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 23.05 WIB.

Iring-iringan mobil jenazah Azyumardi Azra terpantau tiba di rumah duka sekitar pukul 23.53 WIB dan langsung diwarnai isak tangis dari pihak keluarga yang menunggu di rumah.

Terpantau juga, sang istri Ipah Farihah beserta putra dari mendiang Azyumardi Azra juga turut ikut dalam iring-iringan tersebut.

Setibanya di lokasi, peti jenazah Azyumardi Azra yang dibalut kain berwarna merah putih dikeluarkan dari mobil ambulans berwarna putih oleh petugas dan langsung dibawa ke teras rumah.

Untuk di lokasi rumah duka ini sendiri, terpantau hadir Menteri Koordinator Bidang Perekenomian Airlangga Hartarto serta mantan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.

Hingga berita ini ditulis para sanak saudara, serta pelayat masih menggelar pengajian dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga atas kepergian Azyumardi Azra.

Baca juga: Kenang Sosok Azyumardi Azra, Lukman Hakim: Beliau Seorang Sufi yang Tak Lagi Silau Urusan Duniawi

Diberitakan, Azyumardi Azra meninggal dunia, Minggu (18/9/2022). Kabar itu dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun telah berpulang ke ramhatullah orang tua kita, guru kita, ayahanda kita, pimpinan kita Azyumardi Azra," kata dia dalam pesan yang diterima, Minggu (18/9/2022).

Prof Azyumardi Azra mengalami sesak napas saat berada di dalam pesawat untuk kunjungan kerja menuju Malaysia. 

Azyumardi kemudian menjalani perawatan intensif oleh tim dokter di Rumah Sakit Selangor, Malaysia.

Hermono mengatakan, tim dokter menyampaikan bahwa Prof Azra belum bisa dipindahkan ke rumah sakit lain sampai kondisinya lebih stabil.

Berdasarkan keterangan pihak rumah sakit, kata dia, Azyumardi dirawat di ruang zona merah yang lazimnya digunakan untuk perawatan pasien Covid-19.

Azyumardi di Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz saat ditemui di Rumah Sakit Serdang pada Jumat (16/9/2022) sore mengatakan, Azyumardi akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut.

Beberapa pembicara lainnya berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam. Konferensi itu akan dibuka oleh Ketua Emeritus Institut Internasional Pemikiran Islam (IIIT) Anwar Ibrahim.

Wakil Presiden ABIM Muhammad Shazni yang menjemput Azyumardi di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) mengatakan, pada Jumat pukul 15.33 waktu setempat, setelah pesawat tiba, dia masih sempat berkomunikasi lewat WhatAapp.

Namun, Shazni tidak sempat bertemu karena Ketua Dewan Pers tersebut langsung dibawa ke rumah sakit dengan ambulans.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat