androidvodic.com

Anak Muda Papua Apresiasi Pembangunan Era Jokowi: Pendidikan hingga Kesehatan Sampai ke Pedalaman - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang tergabung dalam organisasi Eksponen Muda Papua menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil melakukan pembangunan di Bumi Cendrawasih.

Ketua Umum Eksponen Muda Papua, Rahman Fatur mengatakan pembangunan Jokowi di bidang infrastruktur, ekonomi, sosial kesehatan, pendidikan telah dirasakan masyarakat Papua hingga ke wilayah pedalaman.

Hal itu disampaikan Rahman usai diskusi bertemakan 'Mendorong Pembangunan Berkelanjutan untuk Kemajuan Papua' (Keberhasilan Pembangunan di Papua di era Presiden Joko Widodo) di Gedung EMP, Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur.

"Di sektor kesehatan, pendidikan, infrastuktur dan lainnya, pembangunannya sampai ke daerah pedalaman. Dulunya belum tersentuh, oleh Presiden Jokowi itu semua sudah terealisasi baik," kata Rahman dalam keterangan yang diterima, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Dinilai Mampu Lanjutkan Program Jokowi di Papua, Komunitas Pedagang Beri Dukungan kepada Prabowo

Menurutnya, akselerasi pembangunan infrastruktur di era Jokowi dinilai berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal ini dikarenakan infrastruktur yang dibangun membuat perekonomian masyarakat semakin bergeliat.

Infrastruktur yang memadai dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan sehingga mempercepat jalur logistik.

"Di Tanah Papua, pemerintah Indonesia tercatat telah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur di Bumi Cenderawasih, diantaranya pembangunan jalan Trans Papua, pembangunan bandara, pelabuhan hingga Jembatan Youtefa hingga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke," ujar dia.

Baca juga: Empat Pemkab Sepakati Hibah Anggaran 2022 untuk Kesiapan Provinsi Papua Selatan

Rahman menyatakan pembangunan di era Jokowi di Papua hampir diseluruh sektor.

Bahkan, Jokowi belasan kali datang ke Papua untuk memastikan pembangunan di Papua berjalan dengan efektif dan maksimal.

Rahman menyebut, Jokowi pun telah membuat Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat, sebagai bentuk keseriusan pemerintah terhadap pembangunan diberbagai sektor di tanah Papua.

"Presiden Jokowi dalam pemerintahannya berjalan efektif dalam membangun Papua, dan itu yang memang kita rasakan dan juga secara realitas di lapangan demikian. Jokowi menjalankan pemerintahan sangat luar biasa," ucapnya.

Rahman berharap pemerintahan Jokowi terus meningkatkan membangun di Papua. Dia juga mendukung kebijakan untuk kebaikan Papua.

Selain itu, Rahman juga berharap Eksponen Muda Papua bisa menjadi wadah bagi anak muda Papua mengembangkan minat, bakat dan pengembangan dirinya untuk kemajuan Papua khususnya, umumnya untuk Indonesia.

Diketahui, dalam diskusi itu, dihadirkan narasumber Haris Samsudin sebagai penulis buku, Charles Kosai sebagai Tokoh Muda Papua, Abia Indou sebagai aktivis Papua.

Sekitar 80 orang ikut dalam diskusi ini. Mereka merupakan perwakilan mahasiswa Papua yang kuliah di Jabodetabek, khususnya di Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat