androidvodic.com

Buka MTQ Tingkat Nasional, Wapres: Momen Membangun Generasi Qurani - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, BANJAR - Wakil Presiden KH Mahruf Amin membuka ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022 di Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10/2022).

Ma'ruf mengungkapkan MTQ telah memberikan dampak besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an sejak pertama dilaksanakan pada tahun 1968 

"Hal ini dapat terlihat dari pesantren Qur’an dan lembaga penghafal Al-Qur’an yang mengalami kenaikan yang signifikan dalam setiap tahunnya," ujar Ma'ruf dalam sambutannya di Astaka Utama Kiram Park, Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10/2022).

Dari sisi penyelenggaraannya, Ma'ruf mengataka  MTQ mengalami pengembangan yang pesat dalam cabang dan golongan yang dipertandingkan.

Menurut Ma'ruf, Pemerintah memberikan perhatian yang besar dalam membangun masyarakat yang memiliki akhlak Qur’ani.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Harap Pengusaha Amerika Serikat Berinvestasi pada Pembangunan IKN

"Ini menunjukkan perhatian Pemerintah dalam mendukung kegiatan MTQ demi mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak Qur’ani," kata Ma'ruf.

MTQ, menurut Ma'ruf, dapat membangun silaturahmi dan kebersamaan antar bangsa.

"Saya optimis, Musabaqah Tilawatil Qur’an dapat terus dilaksanakan dalam rangka mengukuhkan silaturahim dan kebersamaan, sehingga makin kuat bersinergi membangun keberagaman, perekonomian bangsa, dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia maju," ucap Ma'ruf.

Seperti diketahui, Kalimantan Selatan resmi ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 442 Tahun 2020.

Tahun ini, MTQ akan dilaksanakan di beberapa daerah yaitu Kabupaten Banjar, Kabupaten Banjar Baru, dan Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan pada 10 sampai 19 Oktober 2022.

Adapun tema yang diangkat pada perhelatan tahun ini adalah “Dengan MTQ Nasional kita tingkatkan kualitas SDM yang unggul dan Qur’ani untuk mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat