androidvodic.com

Hasto: PDIP Menduga Zulfan Lindan Dinonaktifkan dari NasDem karena Bongkar Rahasia Terdalam - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto merespons penonaktifan politikus NasDem Zulfan Lindan dari kepengurusan partai besutan Surya Paloh itu.

Hasto mengatakan keputusan menonaktifkan kader merupakan kedaulatan setiap partai.

Politisi PDIP itu menduga penonaktifan Zulfan Lindan mungkin karena mengungkapkan rahasia NasDem hingga akhirnya disanksi.

"Ya masalah aktif nonaktif itu kan kedaulatan setiap partai. Ya mungkin ada rahasia yang terdalam yang kemudian diungkapkan jadi akhirnya menerima sanksi. Kita enggak tahu," kata Hasto di kantor Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Namun, Hasto menuturkan PDIP tak mencampuri urusan partai lain lantaran penonaktifan Zulfan merupakan kewenangan NasDem.

"Itu kedaulatan partai. Saya enggak campur tangan urusan itu," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh menonaktifkan Zulfan Lindan dari kepengurusan DPP NasDem.

Paloh melarang Zulfan berbicara di media massa mengatasnamakan diri sebagai fungsionaris NasDem, partai yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Baca juga: Respons Zulfan Lindan Usai Dinonaktifkan, Sebut Partai NasDem Salah Alamat

Paloh mengatakan peringatan itu diharapkan menjadi pelajaran bagi seluruh kadernya.

"Peringatan ini diharapkan akan memberikan pelajaran bagi seluruh kader dan fungsional Partai NasDem untuk terus menjaga karakter dan jati diri sebagai partai gagasan dengan semangat membawa perubahan,” kata Paloh dalam keterangannya, Kamis.

Respon Zulfan Lindan

Zulfan Lindan mengatakan dirinya bukan lagi pengurus DPP Partai NasDem sejak 2020 atau sejak menjabat jadi Wakil Komisaris PT Jasa Marga (Tbk). 

Sehingga, menurutnya, surat yang menyatakan dirinya dinonaktifkan itu salah alamat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat