androidvodic.com

KPK Akan Kirim Tim Dokter Independen IDI ke Papua untuk Cek Kesehatan Lukas Enembe - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengirim tim dokter independen Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke Jayapura untuk mengecek kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Wacana itu muncul setelah pihak KPK bertemu tim kuasa hukum Lukas Enembe, dokter pribadi, dan juru bicara Lukas Enembe di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022).

"KPK memanggil tim kuasa hukum untuk menghadap penyidik dalam rangka koordinasi terkait rencana kunjungan tim dokter independen dari IDI ke Jayapura sehubungan dengan informasi sakitnya tersangka LE (Lukas Enembe)," kata Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding, Senin (17/10/222).

KPK, kata Ipi, berinisiatif untuk memastikan kesehatan Lukas Enembe.

Sehingga, KPK meminta tim dokter independen dari IDI untuk melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri Disebut Bakal Temui Gubernur Lukas Enembe di Papua

Terkait teknis visitasi tim dokter independen IDI tersebut, lanjutnya, akan dibahas lebih lanjut di kantor pusat IDI.

Pembahasan akan melibatkan tim dokter independen IDI, tim dokter Lukas Enembe, dan tim dokter KPK.

"Pengecekan atas kondisi kesehatan tersangka LE sesuai hasil pemeriksaan dokter dari Singapura yang memeriksa tersangka LE di Jayapura," jelas Ipi.

Dalam pertemuan tadi, disampaikan Ipi, tim kuasa hukum juga memberikan hasil pemeriksaan dokter dari Singapura.

Baca juga: KPK Beri Sinyal Soal Jemput Paksa Gubernur Papua Lukas Enembe

Hasil pemeriksaan diserahkan langsung kepada Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu yang didampingi oleh tim penyidik dan tim dokter KPK.

"Hal ini kami lakukan sesuai dengan prinsip KPK untuk menjunjung tinggi asas-asas dalam pelaksanaan tugas pokok KPK termasuk hak asasi manusia dalam proses penegakan hukum," kata Ipi.

"KPK wajib memastikan kondisi kesehatan tersangka guna membantu pengobatan dan pemulihan kesehatan tersangka untuk kemudian dapat ditindaklanjuti dengan langkah-langkah hukum selanjutnya," ia menambahkan.

Selain tim dokter independen IDI, nampaknya Ketua KPK Firli Bahuri juga akan terbang ke Jayapura untuk mengecek kondisi kesehatan Lukas Enembe.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat