androidvodic.com

Novel Baswedan Ungkap Alasan Bela Anies Baswedan di Kasus Formula E - News

News, JAKARTA - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengungkapkan alasan mengapa dirinya membela eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E.

Novel yang kini berprofesi sebagai ASN Polri menyebut bukan hanya dia yang membela Anies Baswedan.

Ada dua bekas pimpinan KPK, Bambang Widjojanto (BW) dan Saut Situmorang, yang turut membela Anies.

"Pak BW, Pak Saut, adalah orang-orang yang benar-benar kredibilitasnya bagus. Jadi bukan hanya saya. Beliau adalah orang-orang yang bener-benar konsisten selama ini," ucap Novel Baswedan dalam tayangan video di dalam saluran YouTube miliknya, dikutip pada Rabu (19/10/2022).

News sudah mendapat izin dari Novel Baswedan untuk mengutip pernyataan di dalam podcast tersebut.

Novel mengaku membela Anies lantaran mengetahui permasalahan sesungguhnya dalam kasus Formula E.

Ia menyebut mendapatkan informasi mengenai Formula E dari rekan-rekannya di KPK.

"Jadi kalau mengetahui adanya permasalahan, ya wajar kita bicara, apa lagi kalau kasus yang terkait Formula E, ini informasi yang saya dengar dari kawan-kawan di KPK, mereka banyak bercerita. Kenapa mereka akhirnya mau bercerita ke pihak-pihak di luar? Karena ada proses yang tidak normal," katanya.

Baca juga: Isu Ditarget Jadi Tersangka Kasus Formula E, Anies Baswedan Yakin KPK Profesional Jalankan Tugasnya

"Normalnya bagaimana? Setiap kasus korupsi yang ditangani KPK itu alat buktinya betul-betul prudent. Bukan 'oh enggak apa-apa itu tersangkakan dulu saja, itu kan nanti bisa di SP3'. Itu kan konyol, ini parah. Oleh karena itu, fenomena ini harus disampaikan ke publik. Jangan sampai KPK dipakai oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan-kepentingan yang enggak benar," Novel menambahkan.

Novel Baswedan meyakini Anies Baswedan tidak melakukan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E sebagaimana yang dituduhkan sejumlah pihak.

"Bukan untuk membela kasus, kebetulan Bang Anies yang kemudian dikaitkan oleh perkara ini. Saya pun sangat meyakini bahwa beliau tidak seperti yang disebutkan dalam tuduhan tadi. Kalaupun seandainya beliau berbuat, saya enggak akan membela," kata Novel yang merupakan sepupu dari Anies ini.

Novel membicarakan itu merespons pemberitaan media massa yang menyebut Ketua KPK Firli Bahuri disinyalir memaksakan untuk menaikkan status Formula E ke tahap penyidikan dan menetapkan Anies sebagai tersangka.

Anies dilaporkan oleh kelompok masyarakat sipil ke KPK atas kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Anies dan sejumlah orang lainnya telah diperiksa sebagai saksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat