androidvodic.com

Raih Peringkat 5 Besar Terbaik Dunia, Polri Diharapkan Mampu Buktikan ke Publik - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Lembaga jajak pendapat dunia, Gallup dalam laporannya 'Gallup Global Law and Order Index 2022', mendaulat Polri masuk sebagai lembaga kepolisian terbaik urutan ke-5 di dunia.

Laporan tersebut mengukur indeks hukum dan ketertiban suatu negara, dan persepsi publik atas kinerja aparat kepolisian di masing-masing negara.

Baca juga: Indeks Gallup: Polri di Posisi 5 Besar Terbaik Dunia, Singapura Tertinggi

Dalam laporan yang dirilis pada 27 Oktober 2022 itu, Polri berada di bawah Singapura, Tajikistan, Norwegia, dan Swiss.

Polri meraih skor 92 dalam indeks hukum dan ketertiban versi Gallup, dan peringkat pertama dimiliki Singapura dengan skor 96.

Atas predikat ini, Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama mengatakan Indonesia patut bangga atas raihan yang didapat Polri.

"Kami ucapkan selamat kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas kepercayaan publik dunia, sehingga Polri dipercaya publik masuk lima besar polisi terbaik dunia versi Gallup," kata Haris dalam keterangannya, Senin (7/11/2022).

Baca juga: Komisi III DPR Apresiasi Kolaborasi PPATK dan Polri Bongkar Kasus Robot Trading Net89

Pencapaian ini diharapkan membantu kepolisian Indonesia bangkit dari citra negatif setelah sederet kasus menimpa Polri.

Sebut saja kasus pembunuhan berencana oleh eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, tragedi kemanusiaan yang melibatkan kepolisian di peristiwa Stadion Kanjuruhan, hingga kasus dugaan penyalahgunaan narkoba oleh Teddy Minahasa.

"Harapan kami pemuda Indonesia, Polri di bawah pimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dapat menuntaskan persoalan dalam negeri yang menyelimuti citra negatif institusi Polri," ungkap Haris.

Baca juga: Soal Perang Bintang di Polri, DPR Ingatkan Mahfud MD Tak Lepas Tangan

"Semoga raihan prestasi ini dapat memompa semangat pembaharuan Polri yang semakin terpercaya, humanis dan melindungi masyarakat Indonesia," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat