androidvodic.com

Prediksi BMKG: Jabodetabek akan Diguyur Hujan Sangat Lebat hingga Ekstrem, 30 Desember Besok - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Wilayah Jakarta dan kota penyangganya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diprediksi mengalami hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrem.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa terlihat dari hasil pemodelan prakiraan curah hujan untuk 30 Desember 2022, wilayh Jabodetabek menunjukan warna sebaran curah hujan yang didominasi merah dan pink.

Dalam pemodelan curah hujan yang dilakukan BMKG, warna hijau mengindikasikan hujan ringan, kuning untuk hujan sedang, orange hujan lebat, lalu merah untuk hujan dengan intensitas sangat lebat dan pink untuk hujan ekstrem.

Terkait potensi hujan yang terjadi di wilayah Jabodetabek, kata dia, warna merah dan pink tampak merata pada semua wilayah.

"Kalau kita lihat, ini hasil pemodelan,  Jabodetabek itu kebanyakan pink sama merah, dan itu merata," kata Dwikorita, dalam virtual press conference bertajuk 'Pembaharuan Informasi Perkembangan Cuaca di Sejumlah Wilayah Indonesia pada Periode Pergantian Tahun', Kamis (29/12/2022).

Ia menekankan bahwa wilayah yang terkena dua warna inilah yang harus diwaspadai.

Kendati demikian, meskipun hujan yang akan turun berpotensi sangat lebat hingga ekstrem, Dwikorita menegaskan fenomena alam ini bukan merupakan badai.

"Sehingga ini yang perlu diwaspadai, namun ini hujan ya bukan badai, intensitasnya bisa ekstrem, nah jadi yang perlu diwaspada," jelas Dwikorita.

Dwikorita kemudian menyebutkan bahwa untuk hujan ekstrem dengan intensitas 150 milimeter dalam 24 jam atau 1 hari berpotensi terjadi di wilayah Bekasi bagian Utara.

Sedangkan untuk hujan sangat lebat diprediksi mengguyur nyaris seluruh wilayah DKI Jakarta seperti Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat yang akan mengalami hujan dengan intensitas sangat lebat adalah Bekasi.

"Untuk (hujan) ekstrem itu di Bekasi bagian Utara, kalau hujan dengan sangat lebat intesitasnya terjadi di Jakarta Barat bagian Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan kota Bekasi. Sekali lagi, ini nampaknya merata," papar Dwikorita.

Baca juga: Prakiraan Cuaca 33 Kota di Indonesia Jumat, 30 Desember 2022: Jakarta Pusat & Kupang Hujan Seharian

Sementara itu, hujan lebat berpotensi terjadi Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Depok dan Jakarta Pusat.

"Dan untuk potensi hujan lebat, yaitu antara 50 milimeter sampai 100 milimeter berpotensi terjadi di Kabupaten Tangerang, kota Tangerang Selatan, kota Bogor, Kabupaten Bogor bagian Selatan, Depok dan Jakarta Pusat," pungkas Dwikorita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat