androidvodic.com

Ketua MUI KH Asrorun Ni'am Sholeh Dianugerahi Gelar Profesor Ilmu Fikih UIN Jakarta - News

Laporan Wartawan News, Dodi Esvandi

News, JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa KH Asrorun Niam Sholeh berhasil meraih jabatan Guru Besar alias profesor bidang ilmu fikih pada Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Asrorun Niam Sholeh mendapat gelar profesor bidang ilmu fikih di Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Jakarta setelah terbitnya surat pengangkatannya yang ditandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Pengangkatan Asrorun Niam Sholeh sebagai guru besar dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Agama RI (SK Menag) tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional tanggal 31 Oktober 2022.

Dalam SK tersebut, Ni'am dinyatakan terhitung mulai 1 Oktober 2022 dinaikkan jabatannya menjadi Guru Besar/Profesor dalam bidang Ilmu Fikih.

SK Guru Besar untuk Kiai Ni'am itu diserahkan pada Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI di Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Usai penyerahan SK Guru Besar itu, Kiai Ni'am menyampaikan ucapan terima kasih dan menilai SK itu sebagai wujud pengakuan akademik yang harus dipertanggungjawabkan.

“Jabatan guru besar ini sebagai amanah yang menuntut adanya tanggung jawab. Di satu sisi sebagai pengakuan atas capaian akademik. Tapi di sisi lain ada tanggung jawab untuk terus meningkatkan kapasitas dan kontribusi akademik, sehingga meningkatkan perkhidmatan dalam mewujudkan kemaslahatan yang lebih luas”, ujar Kiai Ni'am, dalam keterangannya yang diterima News.

Kiai Ni'am menyebut pencapaian jabatan akademik ini sebagai bentuk pengakuan atas konsistensi di bidang akademik, meski dia banyak berkiprah di pemerintahan dan berbagai ruang perkhidmatan.

“Meski secara formal selama ini saya memperoleh penugasan di luar kampus, namun selama ini saya tidak pernah meninggalkan dunia akademik, masih terus mengajar. Gen saya adalah gen kampus,” ujar Asrorun Ni'am Sholeh.

Doktor bidang hukum Islam itu selama ini memperoleh penugasan di berbagai bidang perkhidmatan.

Selama dua periode ia diberi amanah sebagai Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), sebagai Ketua KPAI hingga 2017.

Setelah itu Kiai Ni'am diberikan amanah sebagai Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, hingga kini.

Baca juga: Asrorun Niam Sholeh Buka Diskusi Di Malam Peringatan HSP ke-94

Selama penugasan tersebut, Kiai Ni'am tidak pernah meninggalkan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk mengajar di kampus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat