androidvodic.com

Bareskrim Selidiki Viral Penipuan Bermodus Undangan Pernikahan via WhatsApp - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menyelidiki viral kasus penipuan dengan modus undangan pernikahan via WhatsApp (WA). Kasus ini pun membuat rekening milik korban terkuras hingga puluhan juta rupiah.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan penipuan dengan undangan pernikahan merupakan modus baru. Kini, tim penyidik langsung mendalami kasus tersebut.

"Terkait modus baru dengan menggunakan undangan pernikahan tim kami masih melakukan penyelidikan," kata Vivid saat dikonfirmasi, Minggu (29/1/2023).

Ia menuturkan bahwa modus penipuan undangan pernikahan ini berbeda dengan modus penipuan yang pernah diungkap Bareskrim.

Sebelumnya, jaringan penipuan yang pernah diungkap hanya fokus kepada nasabah bank tertentu dengan menyasar fasilitas online bank.

Karena itu, Vivid mengharapkan para korban yang terkena kasus tersebut untuk melaporkan kasus tersebut. Harapannya, kasus tersebut dapat bisa diungkap lebih cepat oleh penyidik.

"Sampai saat ini di Bareskrim belum ada pelaporan tentang hal tersebut. Saya menghimbau apabila ada yang menjadi korban segera melaporkan agar bisa ditangani secara cepat," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Maraknya penipuan kini juga menyasar lewat teknologi pesan instan WhatsApp. Setelah viral penipuan modus lewat link kurir, kini muncul modus penipuan lewat link undangan pernikahan online.

Baca juga: Waspada Link Undangan Nikah Digital, Penipu di Whatsapp Curi Data Pribadi

Pelaku mengirim dan meminta korban untuk membuka undangan berbentuk file APK. Hal ini dialami oleh seorang nasabah BRI setelah membuka undangan pernikahan online berbentuk file APK tersebut di WhatsApp.

Nasabah BRI ini menjadi korbannya, tabungan sebesar Rp 14 juta ludes. Kini, modus penipuan ini sedang viral di media sosial dan patut kita waspadai.

Dari tangkapan layar yang beredar, para penipu itu mengirimkan foto dan link undangan pernikahan online.

Lantas, apa ciri-ciri penipuan modus undangan pernikahan untuk menguras habis isi rekening korban tersebut?

Terlihat dari foto yang beredar, penipu tidak menyebut identitasnya secara gamblang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat