androidvodic.com

Pesawat Hercules C130J Baru TNI AU Akan Tiba 6 Maret 2023, Tiga Awak Pesawat Disiapkan Untuk Jemput - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan rencananya pesawat C130J akan tiba di Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta pada 6 Maret 2023.

Indan mengatakan pesawat tersebut akan diterbangkan ke Indonesia pada 28 Februari 2023 dari pabrik Lockheed Martin di Marietta Georgia Amerika Serikat.

Rencananya, kata Indan, kelima pesawat tersebut akan tiba di Indonesia secara bertahap.

Untuk itu, kata dia, sebanyak tiga awak pesawat dari TNI AU akan dikirim untuk menjemput pesawat baru tersebut.

Hal tersebut disampaikannya usai silaturahmi dan dialog santai bersama jajaran Dispenau di Jakarta Timur pada Selasa (21/2/2023).

"Kan tiba diperkirakan tanggal 6 Maret. Ini adalah bagian dari awal pengiriman hercules, kemudian kedatangan berikutnya direncanakan bukan Juni, Juli, Oktober, dan Januari tahun depan di akhir ya," kata Indan.

Baca juga: Pesawat Hercules C130 TNI AU Telah Distribusikan 86 Ton Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Turki

"Hercules ini berikutnya akan ditempatkan di Lanud Halim Perdanakusumah untuk dioperasikan. Kemudian disiapkan juga ada tiga awak pesawat yang akan ikut dalam penerbangan feri tersebut dari Georgia menuju Jakarta," sambung dia.

Indan mengatakan nantinya kehadiran lima pesawat Hercules C130J tersebut akan melengkapi kebutuhan pesawat angkut TNI AU.

Saat ini, kata dia, sudah ada tiga skadron Hercules yakni Skadron 31 Halim Perdanakusumah Jakarta, Skadron 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, dan Skadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

"Saya kira kedatangan lima pesawat Hercules tipe J ini akan banyak memenuhi kebutuhan kita akan transportasi berat, transportasi personel, ataupun kargo yang dibutuhkan oleh kita," kata dia.

Baca juga: Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi: TNI AU Ikut Kerahkan Helikopter Super Puma dan Pasukan Kopasgat

Diberitakan sebelumnya TNI AU dipastikan bakal menambah daftar alutsista tahun ini.

Bulan depan, awal Maret 2023 TNI AU akan mendatangkan pesawat angkut Hercules C-130J.

"Yang dalam waktu dekat adalah pesawat Hercules C-130J. Kira-kira bulan depan akan tiba," kata KSAU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat ditemui awak media di sela-sela Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU 2023 pada Jumat (10/2/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat