androidvodic.com

PPP: Sinyal Reshuffle Sudah Mulai Terang Kalau Menpora Diganti - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek mengatakan sinyal reshuffle atau perombakan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mulai terang.

Menurut Awiek, sinyal itu muncul salah satunya terkait isu Zainudin Amali mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

"Setidaknya sinyal-sinyal itu sudah mulai terang kalau bakal ada pergantian, salah satunya dari Menpora itu," kata Awiek di Hotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

Dia menyebut jika orang memutuskan mundur diri tak mungkin ditahan-tahan untuk tetap berada di kabinet.

"Kan orang sudah mengajukan pengunduran diri. Kan di politik orang yang sudah mundur enggak mungkin ditahan-tahan juga," ucap Awiek.

Namun, dia menuturkan kewenangan reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Soal reshuffle kabinet itu sepenuhnya hak prerogatif Presiden Jokowi selaku pemegang mandat konstitusi yang memenangkan Pilpres di 2019 kemarin," ungkap Awiek.

Golkar Sebut Zainudin Amali Siap Mundur dari Menpora

Juru bicara Golkar Tantowi Yahya menanggapi perihal polemik Zainudin Amali merangkap jabatan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Wakil Ketua Umum (Waketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Menurut Tantowi, banyak masyarakat mempertanyakan soal keefektifan wewenang Zainudin sebagai Menpora dan Waketum PSSI yang saling beririsan.

Sehingga, dia menyebut dalam kondisi demikian Zainudin membuat pernyataan siap undur diri dari Menpora.

"Dalam kondisi seperti itu Pak Amali membuat statement bahwa dia siap mundur dari posisi menteri karena lebih memilih jabatan sebagai wakil ketua umum yang menurut dia perlu perhatian dan perlu konsentrasi," kata Tantowi saat dihubungi, Senin (20/2/2023).

Namun, Tantowi menuturkan terkait status Zainudin sebagai Menpora merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencopotnya atau tidak.

"Kita kalau bicara jabatan menteri itu kan prerogatif presiden. Jadi presiden punya hak sepenuhnya untuk mengangkat dan memberhentikan menteri," ujarnya.

Baca juga: Sekjen PPK Kosgoro 1957 Puji Sikap Menpora Amali Pasca-Terpilih Jadi Wakil Ketua Umum PSSI

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa Zainudin tak keberatan apabila undur diri dari Menpora.

"Dari pernyataan beliau (Zainudin) kan seperti itu. Jadi dia enggak berkeberatan mundur dari posisi menteri karena ingin fokus di bola di PSSI," ucap Tantowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat