androidvodic.com

Daftar Aksi Teror KKB di Papua: Tembaki Warga Sipil, Serang Aparat Keamanan hingga Bakar Pesawat - News

News, JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah.

Mereka kali ini menyerang tiga personel Kodim 1705/Yahukimo di Kilometer 4 Jalan Paradiso Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Rabu (1/3/2023) sore.

Akibatnya satu prajurit TNI gugur dan dua lainnya mengalami luka tembak.

"Akibat penyerangan dan penembakan oleh KKB tersebut, mengakibatkan satu orang prajurit Pratu LW Gugur, dua orang Prajurit Pratu NS dan Sertu RS mengalami luka tembak," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryawan, melalui keterangan tertulis, Rabu kemarin.

Kolonel Kav Herman Taryaman mengonfirmasi bahwa Dandim 1705/Yahukimo Letkol Inf J.V. Tethool ikut menjadi korban luka dalam penembakan oleh KKB tersebut.

"Bahwa benar Letkol Inf J.V. Tethool, Dandim 1715/Yahukimo juga tertembak dan mengakibatkan dia mengalami luka tembakan dan saat ini sedang mendapat perawatan intensif dari Tim Medis RSUD Yahukimo." Namun Herman tidak menjelaskan apakah Letkol Inf J.V. Tethool tertembak di lokasi kejadian yang sama atau tidak.

Kasus penembakan yang dilakukan KKB ini bukanlah kali pertama.

Baca juga: KKB vs TNI di Yahukimo Papua Pegunungan: TPNPB Pimpinan Elkius Kobak Mengaku Pelaku Penyerangan

Berikut sejumlah aksi teror KKB di Papua yang meresahkan masyarakat.

1. Pembakaran rumah warga

Pembakaran rumah warga di Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Sabtu (18/2/2023) diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) KKB Papua pimpinan Titus Murib Kwalik.

Selain membakar rumah di samping Tower Telkom di Kampung Kago, KKB juga terlibat kontak tembak dengan TNI-Polri di Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Pukul 12.50 WIT terdengar tembakan sebanyak 1 kali dan terlihat asap tebal dari arah tower di Ilaga dan tim gabungan melakukan respons ke sumber asap," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo.

Saat personel tiba di lokasi, ternyata sumber asap tersebut berasal salah satu rumah warga yang terbakar.

Tim gabungan langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku yang berlari ke arah Kampung Nipuralome.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat