androidvodic.com

Presiden Jokowi Pecah Kendi dan Siram Pesawat Super Hercules C-130 J Baru TNI AU - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pesawat Super Hercules C-130 J baru TNI Angkatan Udara (AU) dengan melakukan pembukaan tirai, pemecahan kendi, dan penyiraman air bunga terhadap pesawat tersebut di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada Rabu (8/3/2023).

Sebelumnya, Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid meninjau langsung bagian dalam pesawat buatan Lockheed Martin Amerika Serikat tersebut.

Baca juga: TNI AU Kirim 12 Pilot Hingga Puluhan Mekanik Ke AS Untuk Pelajari Pesawat Super Hercules C-130 J

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Prabowo juga menyerahkan secara simbolis kunci berwarna emas kepada Yudo.

Usai peresmian, Jokowi mengatakan pesawat tersebut adalah pesawat yang sangat canggih.

"Tadi saya sudah masuk, sudah dijelaskan. Bisa mengangkut pasukan yang pakai komplit dengan parasut, artinya penerjun, itu bisa mengangkut 98. Tapi kalau hanya pasukan bukan penerjun, bisa 128 pasukan. Dan bisa mengangkut 19,9 ton," kata Jokowi.

"Artinya ini bagus untuk operasi militer maupun non-militer. Bencana alam juga bisa. Bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia karena pesawat Super Hercules ini bisa terbang 11 jam," sambung dia.

Baca juga: 5 Pesawat Super Hercules C-130 J Akan Perkuat Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma

Pesawat tersebut, kata dia, merupakan satu dari lima unit pesawat Super Hercules C-130J yang dipesan Kementerian Pertahanan dari Lockheed Martin.

Keempat unit pesawat lainnya, kata Jokowi, akan datang ke Indonesia secara bertahap.

"Yang kita pesan ada lima. Tadi pak menhan menyampaikan hari ini datang satu, nanti Juni tambah satu lagi, Juli tambah satu lagi, Oktober tambah satu, Januari tahun depan tambah satu. Lima pesawat yang akan datang ke negara kita," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, pesawat baru Super Hercules  C-130 J-30 dengan nomor ekor A-1339 milik TNI AU yang dipesan Kementerian Pertananan dari pabrikan pesawat Lockheed Martin Amerika Serikat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Senin (6/3/2023).

Setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma sekira pukul 13.10 WIB, pesawat yang dikemudikan pilot dari Lockheed Martin disertai dua pilot TNI AU tersebut disambut water salute.

Baca juga: TNI AU Kirim 12 Pilot Hingga Puluhan Mekanik Ke AS Untuk Pelajari Pesawat Super Hercules C-130 J

Water salute sendiri merupakan tradisi penyambutan pesawat di mana pesawat tersebut disemprotkan air dari mobil pemadam kebakaran.

Pesawat tersebut sebelumnya telah menempuh penerbangan selama 34 Jam yang diawali pada 28 Februari sampai dengan 6 Maret 2023.

Pesawat tersebut menempuh rute Marietta - Monterey - Honolulu - Kwajalein - Guam - Halim Perdanakusuma Jakarta..

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat