androidvodic.com

Tolak Kedatangan Timnas Israel, Said Aqil: Keberpihakan Terhadap Palestina - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) KH Said Aqil Siradj ikut menyuarakan penolakan terhadap timnas Israel yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Dirinya mengatakan banyak kiai lain yang turut menyatakan penolakan terhadap kehadiran Israel.

Al-Quran, kata Said Aqil, telah memberikan tuntutan mengenai hal tersebut.

"Saya pribadi dan banyak kiai-kiai seperti saya menolak kehadiran Israel. Itu Al-Quran, kita manusia ini apa sih. Siapa kita kok bisa lawan Al-Quran," ucap Said Aqil di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Sabtu (25/3/2023).

Said Aqil menegaskan bahwa penolakan ini merupakan pembelaan dan keberpihakan terhadap rakyat Palestina.

Menurut Said Aqil, Pemerintah Israel selama ini telah melakukan pembunuhan dan kejahatan terhadap rakyat Palestina.

Sehingga penolakan ini juga sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina.

"Kan ada yang mengatakan apa sih artinya pembelaan terhadap Palestina. Apa artinya, kita kepemihakan. Kita berpihak kepada Palestina," ucap Said Aqil.

Baca juga: Ganjar Tolak Kehadiran Timnas Israel, Pengamat: Politik dan Olahraga Harus Ditempatkan Proporsional

"Tiap hari (Israel) membunuh Palestina, setiap hari pembunuhan penembakan warga Palestina. Apa mau kita temani atau temui orang kaya gitu. Keberpihakan dong kepada Palestina," Said Aqil.

Seperti diketahui event akbar sepak bola dunia itu, Indonesia mengajukan 6 venue pertandingan diantaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Gubernur Bali I Wayan Koster jadi salah satu pihak yang menyatakan penolakan kedatangan Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang berlangsung di Indonesia.

Atas penolakan ini, I Wayan Koster mengirimkan surat yang ditujukan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Surat tersebut berisi tentang penolakan keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat