androidvodic.com

Sejarah Hari Film Nasional yang Diperingati 30 Maret, Berikut Tema Peringatan HFN 2023 - News

News - Peringatan Hari Film Nasional 2023 jatuh pada besok Kamis, 30 Maret 2023.

Hari Film Nasional 2023 merupakan peringatan yang ke-73.

Dikutip dari laman Badan Perfilman Indonesia, tema Hari Film Nasional 2023 adalah "Bercermin Pada Masa Lalu, Merencanakan Masa Depan".

Peringatan Hari Film Nasional 2023 merupakan wujud dari amanat Keputusan Presiden nomor 25 tahun 1999 tentang Hari Film Nasional, sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri, motivasi para insan film Indonesia serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat film Indonesia secara regional, nasional dan internasional.

Baca juga: 30 Link Twibbon Hari Film Nasional 2023, Beserta Cara Membuatnya dan Bagikan di Media Sosial

Sejarah Hari Film Nasional

Dikutip dari kemdikbud.go.id, penetapan tanggal 30 Maret sebagai Hari Film Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 tahun 1999.

Di mana pada 30 Maret 1950 untuk pertama kalinya sebuah film diproduksi oleh perusahaan Indonesia dan disutradarai oleh orang Indonesia, yakni Usmar Ismail.

Saat itu, diadakan pengambilan gambar pertama kali film "Darah dan Doa".

Film karya Usmar Ismail ini bercerita mengenai "Long March" pasukan Divisi Siliwangi.

Letkol A.E. Kawilarang, Komandan Brigade II Suryakencana/Siliwangi yang sedang melancarkan perang gerilya di daerah Sukabumi-Bogor pada awal Februari 1948 menerima perintah Panglima Siliwangi.

Perintah tersebut untuk memindahkan kekuatannya ke daerah Republik Indonesia di Jawa Tengah.

Meskipun kecewa, beliau menaatinya sebagai salah satu konsekuensi perundingan Renville.

Baca juga: Hari Film Nasional Tahun Ini Momentum Gabungan Organisasi Perfilman Bangun Situs HFN

Pada 4 Februari 1948, Panglima Besar Sudirman, mengamanatkan kepada seluruh pasukan TNI yang masih bergerilya di Jawa Barat dan Jawa Timur, untuk meninggalkan daerah-daerah pertahanannya.

Gerakan ini bukanlah gerakan mundur pasukan TNI karena sudah dikalahkan oleh Belanda, tetapi gerakan ini adalah suatu gerakan hijrah dalam rangka suatu strategi perjuangan.

Peringatan Hari Film Nasional tahun 2023 ini tak hanya sebagai wujud perayaan bahwa pada tanggal 30 Maret 1950 yang lalu merupakan momen sejarah.

Namun hendaknya, perayaan Hari Film Nasional 2023 dijadikan sebagai momen yang baik untuk berpikir kritis tentang Perfilman Nasional.

(News/Latifah/Suci Bangun DS)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat