androidvodic.com

Anggota Komisi I DPR Ajak Masyarakat Bijak Pilih Informasi di Dunia Digital - News

News, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI A Rizki Sadig mengingatkan masyarakat untuk mencari dan memanfaatkan dunia digital untuk hal-hal yang diperlukan agar dapat mengangkat martabat.

"Kami perlu mengukur mana hal-hal yang memang kita perlukan yang bisa mengangkat martabat dan mendukung usaha atau pekerjaan. Carilah informasi-informasi positif yang bisa mempertebal pengetahuan dan menambah keimanan kita di bulan suci ramadhan ini," katanya dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator, seperti dikutip Kamis (30/3/2023).

“Kami Komisi I DPR secara maksimal berupaya saling mengingatkan, bahwa dunia digital adalah dunia yang bisa menjadi positif untuk kita, tetapi jika tidak hati-hati maka akan menjadi pukulan yang negatif bagi kita. Jadi bijaklah dalam memilih informasi dan pilih-pilih juga hal yang perlu dibagikan, jangan sampai hal yang bersifat privasi dengan mudah di umbar," lanjutnya.

Sementara itu, Niko Hefriza selaku sosial media strategist mengatakan, bahwa banyak sekali korban yang diakibatkan oleh informasi-informasi yang negatif.

“Banyaknya korban disaat mereka mengikuti kemajuan dari informasi, diakibatkan sangat derasnya informasi di dunia digital atau internet dan kurang cakapnya literasi digital dari pengguna, maka penting bagi kita untuk mempunyai literasi atau pemahaman-pemahaman yang cukup untuk menggunakan teknologi informasi yang begitu maju dan pesat," ujarnya.

Saat ini banyak sekali informasi digital yang tidak sesuai dengan fakta atau hoaks, sehingga banyak sekali masyarakat yang termakan akan informasi hoaks.

“Maka dari itu untuk menghindari hoaks, masyarakat harus dibiasakan untuk memilih informasi dari berbagai sumber lainnya agar lebih jelas dan terpercaya," ucap Syifa Hersafitri selaku pegiat media sosial.

Baca juga: Webinar Literasi Digital, Pakar Paparkan Kiat-kiat Mengembangkan Bisnis Menggunakan Sosial Media

“Teknologi yang pintar menuntut pengguna yang lebih pintar dalam pemanfaatannya, jangan sampai karena teknologi yang sudah pintar, malah kita yang dikendalikan oleh teknologi, kita sebagai pengguna harus lebih pintar dan bijak dalam pemanfaatan teknologi," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat