androidvodic.com

Menag Yaqut Sebut Kegiatan Berbagi dengan Anak Yatim dan Fakir Miskin Sesuai Arahan Presiden Jokowi - News

Laporan Wartawan News, Rahmat W Nugraha

News, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut kegiatan berbagi dengan fakir miskin dan anak yatim sesuai dengan arahan presiden.

Adapun Rabu (12/4/2023) Kementerian Agama membuka Bazaar Murah Ramadan beserta memberikan santunan kepada fakir miskin dan anak yatim di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat.

"Yang pertama tentunya kita senang Kementerian Agama bisa berbagi dengan anak yatim dan fakir miskin sesuai dengan arahan presiden," kata Menag Yaqut kepada awak media di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2023).

Yaqut mengatakan apa yang dilakukan pihaknya sebagai bentuk tindak lanjut dari arahan presiden agar semua pejabat di semua instansi pemerintahan untuk tidak melakukan buka puasa bersama tapi diarahkan pada hal-hal sosial.

"Kita tahu dari buka bersama itukan silahturahim. Kita bisa membangun silahturahmi dengan acara-acara seperti sekarang ini. Jadi sekali lagi ini tindak lanjut dari instruksi presiden kita bisa berbagi bersama dengan anak yatim dan fakir miskin," tutupnya.

Baca juga: Bantu Masyarakat Selama Ramadan, Kemenag Hadirkan Bazar Murah Hingga Beri Santunan ke Anak Yatim

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali menyebut kegiatan Bazar Murah Ramadan hingga memberi santunan untuk anak yatim dalam rangka membantu kebutuhan masyarakat selama Ramadan.

"Hari ini kita berada di sini dalam rangka penyerahan santunan anak yatim dan pembukaan Bazar Murah Ramadan berkah Kementerian Agama," kata Nizar dalam sambutannya.

Nizar melanjutkan acara ini adalah momentum yang sangat berharga karena ada juga santunan anak yatim. Serta tidak kalah pentingnya penyelanggaraan bazar murah yang jelas sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan selama bulan suci Ramadan.

Baca juga: Nekat Beroperasi saat Bulan Ramadan, Lima PSK Terjaring Razia Satpol PP Kota Bekasi

"Hadirin yang hormati Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Tak terkecuali bangsa Indonesia. Ramadan adalah bulan kesucian dan keramahan hati di bulan ini kita dianjurkan untuk meningkatkan ibadah termasuk di dalamnya adalah bersedekah," kata Nizar.

Nizar menekankan dalam kesempatan ini ia ingin menekankan pentingnya membantu sesama terutama terhadap anak yatim yang memiliki kedudukan istimewa dalam Islam.

"Anak yatim bagian dari kita maka dari itu kita wajib berikan kasih sayang sepenuh hati kepadanya. Dalam Islam sekali lagi mengasihi dan membantu anak yatim merupakan amalan yang sangat dianjurkan," sambungnya.

Nizar mengungkapkan hal itu seperti sabda Rasulullah SAW 'Aku dan orang yang mengasuh anak yatim kelak di surga seperti dua jari'.

"Rasulullah mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah yang berdekatan. Dalam hadist lain Rasulullah SAW juga mengatakan orang yang membantu anak yatim dan janda seperti orang yang berperang di jalan Allah atau orang yang selalu beribadah malam dan berpuasa siang. Mengasihi anak yatim juga merupakan tindakan sosial bermasyarakat," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat