androidvodic.com

Survei LPI: Kaum Milenial Papua Bangga Peran Kepala BIN dalam Bangun PYCH - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menunjukkan kaum muda Papua bangga dengan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Direktur Eksekutif LPI Boni Hargens mengatakan temuan itu hasil penilaian generasi milenial Papua yang mengapresiasi kinerja Budi Gunawan yang turut terlibat dalam merintis dan mengembangkan Papua Youth Creative Hub (PYCH), rumah kreasi pengembangan potensi dan inovasi kaum muda Papua.

“Dari indikator kepuasan masyarakat, mayoritas responden mengapresiasi kinerja Prof Budi Gunawan dalam membangun dan mengembangkan Papua Youth Creative Hub atau PYCH," kata Boni pada acara launching Survei Nasional dan Diskusi Publik bertajuk ‘Pandangan Milenial Papua terhadap Pemerintahan Presiden Jokowi’, di Hotel Aryaduta, Semanggi, Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Menurut Boni, responden yang menilai bangga atau mengapresiasi sebesar 42,34 persen.

Sedangkan responden yang menilai sangat bangga, sebesar 29,19 persen.

Baca juga: Anak Muda Papua Binaan PYCH Optimistis Hasil Budidaya Ikan Air Tawar Terus Meningkat

"Jadi, total kaum muda milenial Papua yang bangga dengan Prof. Budi Gunawan berada di angka 71 persen lebih,” ujarnya.

Dia menuturkan dari survei tersebut sebanyak 71,41 persen kaum milenial mengetahui jika Budi Gunawan berkontribusi dalam pembangunan PYCH dan 28,59 persen yang tidak mengetahui.

Dari yang mengetahui tersebut, kata Boni, sebanyak 71,53 persen generasi milenial yang mengapresiasi kinerja Budi Gunawan dalam pembangunan PYCH.

Boni mengatakan indikator kepuasan masyarakat merupakan salah satu dari 4 indikator yang digunakan LPI untuk merumuskan keragaman pandangan kaum milenial Papua.

Tiga indikator lainnya adalah kesesuaian, efektivitas pemanfaatan, dan kontribusi pada perekonomian.

Baca juga: Tokoh Papua Sambut Baik Jokowi Resmikan Gedung PYCH: Untuk Pelatihan Skill Digital

Selain BIN, institusi yang dinilai adalah Kementerian Hukum dan HAM RI, Kementerian Keuangan RI, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

“Responden juga turut mengapresiasi institusi kementerian yang terlibat dalam program PYCH. Dari survei tersebut, Kementerian PUPR berada di tempat tertinggi yaitu sebesar 36,21 persen. Di tempat kedua, Kementerian Keuangan dengan 29,19 persen. Sementara Kemenristekdikti berada di tempat ketiga dengan 22,26 persen. Dan di tempat terakhir adalah Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 12.34 persen,” kata Boni.

Merespons hal tersebut, Direktur Politik Hankam BRIN M. Nurhasim menilai wajar jika mayoritas generasi milenial Papua mengapresiasi kinerja Budi Gunawan dalam pembangunan di Papua termasuk PYCH.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat