androidvodic.com

Truk Tronton Bermuatan Besi Cor Overload Biang Kerok Laka Maut Tol Semarang-Solo - News

News, SEMARANG - Truk trailer bermuatan besi cor hingga overload dan mengalami rem blong diduga menjadi pemicu utama kecelakaan maut di ruas tol Semarang-Solo km 487+600, Jumat (14/4/2023) dinihari tadi saat warga sedang makan sahur.

Kecelakaan fatal ini menyebabkan tujuh orang meninggal dunia dan dua luka berat dan empat luka ringan dan terjadi sekitar pukul 03.57 WIB dan melibatkan 8 kendaraan.

Tiga diantaranya adalah truk pengangkut ekspedisi paket dan satu mobil travel serta satu truk car carrier.

Informasi yang berhasil Tribunnews himpun dari sumber di kepolisian menyebutkan, kecelakaan maut ini dipicu oleh truk tronton pengangkut besi yang diduga membawa muatan berlebih alias overload melaju dari  arah Semarang menuju Solo.

Di lokasi kejadian yang berdekatan dengan rest area, truk tersebut menghantam sebuah microbus Isuzu Elf yang sedang melaju searah.

Kerasnya tabrakan dari belakang menyebabkan Isuzu Elf terpelanting ke ke kiri dan menabrak truk tangki yang sedang berhenti.

Truk tronton maut tersebut masih terus melaju lalu menabrak dari belakang truk wing box b bermuatan paket lalu menabrak lagi truk lainnya yang tengah berhenti.

Tidak sampai di situ, truk tronton maut ini kemudian menabrak lagi sebuah truk car carrier bermuatan mobil.

Rest area penuh, parkir di bahu jalan tol 

Saat kejadian truk-truk yang menjadi korban serudukan truk tronton pengangkut besi cor memang tengah berhenti di jalur lambat setelah Rest Area karena area parkir di rest area 487 A penuh.

Foto 2 Laka Lantas di Tol Solo-Semarang Jumat (14/4/2023) - Sebuah truk pengangkut kendaraan roda empat atau mobil masuk ke parit lantaran laka maut di Tol Solo- Semarang
Foto 2 Laka Lantas di Tol Solo-Semarang Jumat (14/4/2023) - Sebuah truk pengangkut kendaraan roda empat atau mobil masuk ke parit lantaran laka maut di Tol Solo- Semarang (News)

Saat para sopir tengah istirahat, tiba-tiba terdengar benturan keras setelah sebuah truk trailer pengangkut besi cor yang melaju kencang diduga rem blong dan menghajar tujuh kendaraan di depannya sekeras-kerasnya.

Kendaraan yang terlibat kecelakaan didominasi truk dan kerasnya hantaman dari belakang menyebabkan truk-truk yang tengah parkir terdorong keluar jalur tol yang lebih rendah dan kemudian terguling.

Baca juga: Korban Meninggal Laka Maut di Tol Semarang-Solo Bertambah Jadi 7 Orang, Dua Luka Berat

Irwan, salah satu sopir truk pengangkut mobil selamat dalam musibah maut ini. Kendaraan yang dia sopiri juga turut dihantam truk trailer ini.

"Saya ada di kabin. Mau sahur. Tiba-tiba dihantam dari belakang," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat