androidvodic.com

Bareskrim Polri Fasilitasi Tahanan untuk Salat Idulfitri Besok, Keluarga Dipersilakan Menjenguk - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Bareskrim Polri memfasilitasi para tahanan yang beragama muslim untuk merayakan Hari Raya IdulFitri 1444 Hijriah.

"Kegiatan keagamaan ada malam Takbiran dan Salat Idulfitri," ujar Kabag Tahti Rorenmin Bareskrim Polri, Kombes Gatot Agus Budi Utomo saat dikonfirmasi, Jumat (21/4/2023).

Dari data yang ada total 204 tahanan mendekam di rumah tahanan (rutan) Bareskrim Polri, 106 di antaranya beragama muslim.

Di sisi lain, Gatot mengungkapkan, dalam perayaan Lebaran tahun ini, keluarga para tahanan juga diizinkan untuk menjenguk langsung.

Namun, waktu kunjungannya ini tetap dilakukan pembatasan.

Baca juga: Menag soal Beda Hari Lebaran 2023: Kita Harus Toleransi

"Saat lebaran tahanan boleh dikunjungi keluarga secara bergantian mengingat keterbatasan ruang kunjungan," kata dia.

Lebih lanjut, Gatot mengungkapkan, jam besuk para tahanan mulai bisa para keluarga mulai 20 hingga 25 April 2023 pukul 10.00-15.00 WIB.

"Selama Lebaran prioritas muslim. Untuk nonmuslim setelahnya kan masih ada libur cuti bersama. Diatur supaya tidak terlalu padat ruang kunjungan," tutup Gatot.

Baca juga: Curhatan Pelaku sebelum Aniaya Pemotor hingga Kejang, Pusing Jelang Lebaran hingga Dijauhi Teman

Seperti diketahui, Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023 melalui sidang isbat.

Sidang isbat ini dihadiri oleh perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, serta sejumlah duta besar negara sahabat, dan ormas Islam.

Sebelumnya, sidang isbat ini diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Berdasarkan data hisab, pada hari Kamis, 29 Ramadan 1444H / 20 April 2023 M, posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk dengan ketinggian antara 0° 45' (0 derajat 45 menit) sampai 2° 21,6' (2 derajat 21,6 menit) dengan sudut elongasi antara 1° 28,2' (1 derajat 28,2 menit) sampai dengan 3° 5,4' (3 derajat 5,4 menit).

Kementerian Agama, juga telah melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi. Kementerian Agama menurunkan tim ke 123 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat