androidvodic.com

Bupati Hengky Kurniawan Diduga Lakukan Permainan Rotasi Jabatan Pemkab Bandung Barat, Ini Sosoknya - News

News - Bupati Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Hengky Kurniawan, diduga melakukan permainan dalam rotasi jabatan di lingkungan pemkab.

Dikutip dari Tribun Jabar, dugaan ini telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh seorang warga dari organisasi masyarakat, Aktivis Pemuda Bandung Barat pada Kamis (11/5/2023).

Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat, Bilal Al Fariz, mendesak agar KPK segera melakukan penyidikan serta penyelidikan atas laporan terkait dugaan tindak korupsi dari kegiatan rotasi, mutasi, dan promosi.

"Dugaan permainan (rotasi jabatan) dillakukan pejabat tinggi di Pemkab Bandung Barat. ASN juga bisa lompat pangkat jika memenuhi atau memberi sejumlah permintaan," katanya, Kamis (11/5/2023).

Ia pun mencontohkan adanya dugaan permainan rotasi pejabat dari eselon 4A bisa langsung dipromosikan ke eselon 3B, atau sekelas kepala seksi atau Subag ke jabatan Sekretaris Kecamatan dan Kepala Bidang.

"Padahal 'kan tak boleh seperti itu. Kami berharap KPK bisa mengklarifikasi dugaan ini ke sejumlah pejabat terkait, salah satunya Hengky Kurniawan," jelas Bilal.

Baca juga: Hengky Kurniawan Dilaporkan ke KPK, Warga Temukan Rotasi Jabatan Tak Wajar di Pemkab Bandung Barat

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengatakan pihaknya akan mengecek terlebih dahulu terkait sudah atau belum adanya laporan tersebut.

Jika sudah ada laporan, Ali menegaskan pihaknya akan menindaklanjutinya.

"Kami akan cek lebih dahulu. Nakun prinsipnya, bila ada laporan masyarakat dimaksud. Kami pasti tindaklanjuti dengan lebih dahulu diverifikasi dan telaah oleh tim pengaduan," kata Ali saat dihubungi News, Jumat (12/5/2023).

Ali juga menambahkan akan menindaklanjuti laporan tersebut jika memang pihaknya memiliki wewenang untuk menanganinya.

"Untuk memastikan persyaratan laporan sebagaimana ketentuan. Termasuk apakah ada kewenangan KPK terkait materi laporan tersebut," katanya.

Profil Hengky Kurniawan

Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan usai diperiksa penyidik di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (27/7/2021).
Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan usai diperiksa penyidik di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (27/7/2021). (News/ Ilham Rian Pratama)

Dikutip dari Tribunnewswiki, Hengky Kurniawan merupakan pria kelahiran Blitar, Jawa Timur, 21 Oktober 1982.

Sebelum menjadi pejabat publik, dirinya lebih dikenal sebagai aktor dan produser.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat