androidvodic.com

Menkes Beri Penghargaan Kepada Personel Bantuan Kemanusiaan untuk Turki - News

News, JAKARTA - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin beri penghargaan pada para Tenaga Cadangan Kesehatan Emergency Medical Team (TCK-EMT) Tipe 2 Indonesia yang telah menyelesaikan misi bantuan kemanusiaan penanganan bencana gempa bumi di Turki

Penghargaan diberikan kepada 105 orang anggota tim dan 14 orang tenaga pendukung yang akan diwakili oleh 23 orang.

Terdiri dari berbagai profesi di bidang kesehatan dan non kesehatan.

Kolaborasi dari unsur Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, Organisasi Profesi serta LSM/NGO melalui program Tenaga Cadangan Kesehatan. 

Indonesia menyiapkan tim cadangan kesehatan untuk bisa menangani bencana. 

Tim kegawatdaruratan bencana di dunia sudah memiliki standar.

Di antaranya EMT tipe 1 (outpatient emergency care); EMT tipe 2 (inpatient surgical emergency care); EMT tipe 3 (inpatient referral care); dan additional specialized care team. 

EMT yang paling banyak ditugaskan selama terjadi bencana di Indonesia adalah EMT tipe 1 dan EMT tipe 2. 

Oleh Budi disebutkan jika sejauh ini Indonesia belum memiliki tipe 1 dan masih mempunyai tipe 2. 

"Oleh karena itu saya berharap ini sudah bisa mencapai yang tipe 1. Sehingga kalau ada bencana besar di tingkat dunia bisa mengirimkan wakil-wakil kita untuk membantu,” ungkap Budi pada keterangannya, Senin (15/5/2023). 

Menkes budi meminta anggota TCK-EMT ini harus teregistrasi atau terdaftar untuk memperkuat pengalaman anggotanya. 

Tidak hanya itu, anggota TCK-EMT ini juga harus diberi pelatihan-pelatihan, dan waktu paling baik aplikasinya adalah pada saat bencana.

Sebagai informasi, pasca gempa bumi di Turki pada 6 Februari 2023, Pemerintah Turki melalui surat Duta Besar Turki untuk Indonesia, mengajukan permintaan bantuan Emergency Medical Team (EMT) kepada Pemerintah Indonesia.

Baca juga: 26 Kru Pesawat Hercules Satgas Kemanusiaan Gempa Turki Tiba di Jakarta Dengan Selamat

Menindaklanjuti permintaan tersebut, pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan Tenaga Cadangan Kesehatan - Emergency Medical Team (TCK-EMT) Tipe 2.

Terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, apoteker hingga petugas dapur umum untuk memberikan bantuan pelayanan kesehatan di wilayah terdampak bencana di Turki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat