androidvodic.com

Sekjen NasDem Kenang Sosok Sarwono Kusumaatmadja: Sederhana dan Apa Adanya - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi F Taslim mengenang sosok almarhum mantan Menteri Lingkungan Hidup era Soeharto, Sarwono Kusumaatmadja.

Hermawi pun mengungkapkan, dirinya mengenal sosok Sarwono ketika masih aktif bersama di Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Di mana, kata Hermawi, pihaknya mengundang Sarwono sebagai narasumber dalam berbagai diskusi dan pelatihan.

Setelah cukup lama berselang, dia kembali intens berkomunikasi dengan Sarwono ketika sebagai Ketua DPP PKB ditugaskan Gus Dur untuk menjadi tim Sarwono menjadi kandidat Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Jefri Giofanni yang kala itu didukung PAN.

"Kesan saya terhadap beliau bagiakan sumur yang tidak pernah kering, berbagai pengalaman hidup yang luar biasa, mulai dari studi SMA di Inggris hingga bertahun-tahun dipantau oleh intelijen atas penugasan Pak Harto untuk dipersiapkan menjadi Sekjen Golkar," kata Hermawi kepada wartawan, Jumat (26/5/2023).

Hermawi juga menyebut, Sarwono merupakan sosok yang sederhana dan apa adanya.

Baca juga: Diterbangkan Besok ke Jakarta, Jenazah Sarwono Kusumaatmadja Disemayamkan di Wisma Indonesia Penang

Selama bertahun-tahun berinteraksi dengan Sarwono tidak pernah sekali bercerita tentang harta dan materi.

"Satu ketika beliau bercerita menghadap Gusdur sesaat setelah menjadi Menteri Kelautan, beliau berkata begini: 'Gus mohon petunjuk, apa yang harus saya lakukan, sayakan belum berpengalaman menjadi Mentri Kelautan'. Dengan santai Gusdur pun menjawab, 'lho kamu ini gimana? Saya kan juga tidak berpengalaman menjadi presiden, jadi saya mau minta petunjuk sama siapa?'," kenang Hermawi.

Dia pun menyampaikan selamat jalan dan mengungkapkan doa untuk Sarwono.

"Selamat jalan Pak, semoga diterima disisi-Nya," tutup Hermawi.

Baca juga: Jenazah Sarwono Kusumaatmadja Tiba di Jakarta Besok Pukul 3 Sore

Sebelumnya dikabarkan Mantan Menteri Lingkungan Hidup era Soeharto, Sarwono Kusumaatmadja menghembuskan nafas terakhir di Penang, Malaysia, Jumat (26/5/2023).

Sebelum dipulangkan ke Indonesia pada Sabtu (27/5), jenazah disemayamkan di Wisma Indonesia, Penang, Malaysia pada malam hari ini.

"Jenazah almarhum akan disemayamkan di Wisma Indonesia di Penang, Malaysia, pada malam hari ini, Jumat, 26 Mei 2023, sampai saat diberangkatkan ke Jakarta," dalam keterangan resmi KJRI Penang.

Adik kandung mantan Menteri Luar Negeri, mendiang Mochtar Kusumaatmadja ini meninggal dunia karena sakit kanker paru-paru.

Sarwono tutup usia di Rumah Sakit Adventist, Penang Malaysia, pada hari Jumat, 26 Mei 2023, pukul 17.12 waktu setempat (16.12 WIB).

Sarwono Kusumaatmadja. Beliau meninggal dunia dengan dikelilingi anggota keluarga terdekat setelah mendapat perawatan beberapa hari karena menderita penyakit kanker paru-paru.

Pada masa hidupnya, beliau pernah menjabat sejumlah jabatan penting di Pemerintahan, yaitu sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (1999-2001), Menteri Negara Lingkungan Hidup (1993-1998), Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (1988–1993), dan Anggota DPR-RI (1971-1988).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat