androidvodic.com

Syafruddin Kembali Terpilih Jabat Ketua Dewan Pembina Dunia Melayu Dunia Islam Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Komjen Pol (Purn) Syafruddin kembali terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia periode 2023-2026.

Ia terpilih seusai 20 provinsi sepakat menunjuk Syafruddin dalam Munas II DMDI.

Hal ini disampaikan Ketua Umum DMDI Indonesia, Said Aldi Al Idrus usai bersilaturahmi dengan Ketua Umum terpilih DMDI bersama Tim Formatur di Sekretariat Yayasan Assalam fil Alamin di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

"Amanah ini merupakan hasil Munas II DMDI," kata Said.

Atas hasil Munas II DMDI ini, Syafruddin menyampaikan rasa terima kasihnya atas amanah yang diberikan.

Ia mengatakan bahwa pembinaan umat harus terus dilakukan secara bersama dalam upaya menjaga keutuhan bangsa.

Syafruddin menyebut DMDI dapat bersinergi dengan 26 negara di dunia yang tergabung di dalamnya.

Bentuk sinergi tersebut mulai dari bidang ekonomi, kemanusiaan, pariwisata, hingga budaya.

"Melalui DMDI kita bisa bersinergi dengan 26 negara yang tergabung di DMDI dalam bidang ekonomi, kemanusiaan, pariwisata, budaya, sehingga DMDI bisa menjadi perekat bangsa dan umat Islam dunia," kata Syafruddin.

Baca juga: PBNU dan PP Muhammadiyah Kembali Tegaskan Tolak Politik Identitas di Pemilu 2024

Adapun hasil Munas II DMDI juga menjadikan Said Aldi Al Idrus sebagai Ketua Umum DMDI Indonesia yang sebelumnya dijabat Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Mantan Wakapolri ini berharap terpilihnya Ketum DMDI yang baru dapat terus menjalankan program kepengurusan sebelumnya, serta mengembangkan DMDI hingga merambah 34 provinsi untuk mempercepat pembangunan dan kemajuan suku, adat, budaya Melayu di Nusantara.

"Saya bersama ketua umum dan pengurus DMDI Indonesia periode 2023-2026, akan membantu dan mendukung sampai DMDI di 34 provinsi se Indonesia terbentuk. Agar DMDI bisa lebih banyak berbuat untuk umat," katanya.

Ketua Panitia Munas II DMDI yang juga Anggota Formatur, Ary Wibowo menerangkan bahwa Munas II DMDI yang dihadiri 21 provinsi sepenuhnya memberikan dukungan kepada Said Aldi Al Idrus sebagai Ketua Umum, dan Komjen Pol (purn) Syafruddin sebagai Ketua Dewan Pembina.

Rencananya, pengukuhan akan digelar pada Juni 2023, bersama pengurus, DMDI Indonesia akan merambah di 34 provinsi dan akan menggandeng tokoh adat, tokoh pemuda Melayu Islam di Indonesia.

Ary mengungkapkan, pada Juni dan Juli 2023 akan dilantik pengurus DMDI Provinsi Riau, DMDI Kepulauan Riau, Gorontalo, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

“Hal ini dilakukan untuk mempermudah pergerakan merangkul tokoh-tokoh Melayu Islam lainnya untuk bergabung dengan DMDI Indonesia. Selain itu juga, mempermudah penyebaran nilai-nilai warisan adat dan budaya,” ungkap Ary.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat