androidvodic.com

Kapolri Didesak Berantas Praktik Setor Menyetor dari Bawahan ke Atasan di Tubuh Polri - News

News, JAKARTA - Kasus setor-menyetor yang belakangan viral dilakukan anggota Brimob Polda Riau, Bripka Andry Darma Trawan kepada atasannya, Kompol Petrus H Simamora menjadi sorotan.

Terkait itu, Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas praktik setoran tersebut di tubuh Korps Bhayangkara.

"IPW mendesak Kapolri untuk memberantas habis didalam institusi Polri praktek bawahan diwajibkan setor kepada atasan," kata Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/6/2023).

Sugeng menilai budaya setor-menyetor itu seperti sudah mendarah daging yang membuat dampak buruk kepada anggota di institusi kepolisian.

"Praktik ini bisa dikualifikasi sebagai praktik gratifikasi yang menahun dan bisa membawa dampak anggota tertekan dan akan melakukan praktik-praktik pungli pada masyatakat dan pengusaha atau bahkan akan menjadi beking pihak-pihak tertentu yang menjalankan praktik ilegal," ucapnya.

Untuk itu, Sugeng meminta kepada para anggota untuk berani menolak ketika dihadapkan situasi seperti itu.

Selain itu, IPW juga mendorong anggota tersebut untuk tidak ragu melaporkan pimpinannya yang meminta setoran.

"IPW mendorong agar anggota-anggota Polri yang didesak oleh atasannya menyetor untuk menolak perintah atasan tersebut dan berani melaporkan pada atasan dari atasannya ini," kata Sugeng.

Baca juga: Misteri Keberadaan Bripka Andry, Hilang Usai Bongkar Setor Uang ke Atasan, Minta Perlindungan LPSK

Sebagaimana diketahui, dikutip dari TribunPekanbaru.com, Bripka Andry membuat heboh lantaran dirinya mengunggah di akun Instagram pribadinya soal adanya setoran ke komandannya.

Dalam unggahan itu, Bripka Andry turut menyertakan bukti percakapan chat WhatsApp dengan Kompol Petrus, beserta bukti transfer uang yang diperkirakan senilai Rp650 juta.

Bripka Andry turut menyinggung soal mutasi dirinya dari Batalyon B Pelopor ke Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Riau.

Kompol Petrus sendiri, sudah dicopot dari jabatannya sebagai Komandan Batalyon (Danyon) B Pelopor Satuan Brimob Polda Riau di Rokan Hilir (Rohil).

Pencopotan Kompol Petrus dilakukan sejak Maret 2023 lalu setelah adanya laporan terkait setoran tersebut.

Petrus dan Andry sama-sama diproses, bahkan jauh sebelum kasusnya viral di media sosial.

Anggota Brimob Polda Riau bernama Bripka Andry Darmairawan yang viral karena curhat dirinya dimutasi demosi. Ia ungkit perihal uang setoran sebanyak Rp 650 juta yang diberikan kepada komandannya.
Anggota Brimob Polda Riau bernama Bripka Andry Darmairawan yang viral karena curhat dirinya dimutasi demosi. Ia ungkit perihal uang setoran sebanyak Rp 650 juta yang diberikan kepada komandannya. (Instagram.com/andrydarmairawan07.2)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat