androidvodic.com

Pimpinan KPK Tanggapi Isu Anies Baswedan Bakal Jadi Tersangka Formula E: Itu Kan Katanya Pak Denny - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron enggan merespons banyak soal isu yang dilemparkan Denny Indrayana.

Denny Indrayana sebelumnya menyebut bahwa Anies Baswedan akan segera dijadikan tersangka oleh KPK dalam kasus Formula E.

Menurut Nurul, apa yang disampaikan Denny hanya dia yang tahu.

Nurul mengatakan KPK dalam perkara Formula E tetap bekerja sesuai proses hukum yakni berdasarkan kelengkapan alat bukti.

"Jadi kita tidak sedang menegakkan dan merespons komentar-komentar. Itu kan katanya Pak Denny, Jadi saya kira yang bisa mengklarifikasi, membenarkan hanya Pak Denny saja bukan kami,” kata Nurul di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023).

Sebagaimana diketahui, Anies Baswedan pernah dipanggil ke KPK untuk memberikan keterangan terkait Formula E pada September tahun lalu. 

Saat itu Anies masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Formula E merupakan ajang balap mobil listrik internasional yang baru pertama kali digelar di Indonesia. 

Balapan ini terselenggara pada 4 Juni 2022 lalu.

Saat ini, penanganan perkara Formula E masih penyelidikan. 

Belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam keterangan yang diterima, Rabu (21/6/2023), Denny Indrayana menyebut Anies Baswedan segera jadi tersangka korupsi di KPK.

"Kabar itu sudah menjadi informasi yang beredar di banyak kesempatan. Bukan hanya saya, banyak yang sudah menyatakannya. Feri Amsari, Zainal Arifin Mochtar, misalnya, dalam beberapa podcast sudah menyatakan, pentersangkaan adalah salah satu skenario pamungkas Istana untuk menjegal Anies Baswedan menjadi kontestan dalam Pilpres 2024," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat