androidvodic.com

Shalat Idul Adha 1444 HIjriah di Gedung PP Muhammadiyah Meluber Sampai Jalan - News

News, JAKARTA - Warga Muhammadiyah menyelenggarakan salat Idul Adha 1444 Hijriah pada hari ini Rabu (28/6/2023) di berbagai daerah.

Di Jakarta, salah satu lokasi yang digunakan adalah halaman gedung Pengurus Pusat Muhammadiyah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Wartakotalive.com di lokasi, terlihat sepanjang jalan arah Gondangdia, Jakarta Pusat ditutup untuk warga yang lakukan ibadah salat Id.

Kemudian, saat salat dimulai, ribuan jemaah begitu khidmat menjalankan ibadah tersebut.

Bertindak sebagai Imam dan Khatib untuk Shalat Idul Adha di Gedung PP Muhammadiyah adalah Wakil Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah KH Endang Mintarja.

Terlihat pula kehadiran dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Sekretaris Takmir Masjid At Tanwir Gedung PP Muhammadiyah sekaligus Ketua Panitia, Zainal Abidin mengatakan, bahwa jemaah di lokasi bisa tertampung hingga ribuan.

"Jamaah insyaallah sekitar 2000," kata Zainal kepada Wartakotalive.com, Rabu (28/6/2023).

Zainal menjelaskan, terkait penutupan jalan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Kita koordinasi dengan pihak kepolisian, kami dapat izin menggunakan satu jalur jalan, nanti kalo membludak dipersilahkan untuk memakai jalanan, dan kami sudah siapkan video tron yang tidak bisa melihat khatib, bisa melihat di sini langsung," kata Zainal.

Baca juga: Warga Muhamadiyah Gelar Salat Idul Adha di Masjid At Tanwir Kantor PP Muhamadiyah Menteng Jakarta

PP Muhammadiyah menyediakan 27 lokasi sholat Idul Adha 2023 yang tersebar di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah jatuh pada Kamis 29 Juni 2023. Sementara, PP Muhammadiyah sebelumnya telah memutuskan Hari Raya Idul Adha dimulai pada Rabu 28 Juni 2023.

Baca juga: PAN Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H untuk Warga Muhammadiyah

Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah atau Hari Idul Adha jatuh pada Rabu 28 Juni 2023.

Pelaksanaan salat Idul Adha sama dengan Idul Fitri sekitar pukul 07.00 WIB.

Penulis: Alfian Firmansyah | Editor: Dian Anditya Mutiara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat