androidvodic.com

Hasto PDIP: Sangat Clear, Effendi Simbolon Sebagai Kader Partai Taat Mendukung Capres Ganjar Pranowo - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Politikus PDIP Effendi Simbolon memenuhi panggilan DPP PDIP untuk dimintai klarifikasi terkait peryataan soal Menteri Pertahanan Prabowo Subianto cocok menahkodahi Indonesia.

Proses pemanggilan itu dilakukan Ketua DPP bidang Kehormatan Komarudin Watubun dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto pada pukul 12.55 WIB.

Effendi pun menyampaikan klarifikasi secara tertutup di hadapan Komarudin dan Hasto di salah ruangan di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Sekira pukul 14.16 WIB, proses klarifikasi oleh Effendi Simbolon pun berakhir.

Dalam konferensi persnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pemanggilan Effendi Simbolon terkait isu yang berhembus soal pernyataan dukungan kepada Prabowo Subianto di forum Rakernas Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI), beberapa waktu lalu.

Baca juga: DPP PDIP Panggil Effendi Simbolon Siang Ini, Buntut Sebut Prabowo Cocok Jadi Pemimpin RI

Menurut Hasto, Prabowo diundang dalam acara itu dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan dan berbicara aspek pertahanan negara.

"Dalam forum itu dijelaskan bahwa Pak Prabowo diundang dalam kapasitas sebagai Menteri Pertahanan yang semula akan berbicara tentang aspek-aspek bela negara," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Senin.

Kemudian, Hasto menambahkan, DPP Partai melakukan klarifikasi karena adanya persepsi publik Effendi Simbolon memberikan dukungan bukan kepada capres yang ditetapkan oleh PDIP yaitu Ganjar Pranowo.

Dia memastikan, bahwa Effendi sebagai kader PDIP telah menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Baca juga: Berkaca dari Effendi Simbolon, Pengamat sebut Dukungan Kader PDIP untuk Ganjar Pranowo Tidak Bulat

"Dalam penjelasannya, sangat clear bahwa Pak Effendi sebagai kader partai taat sepenuhnya untuk mendukung keputusan dari Ketua Umum PDIP Ibu Megawati dan akan berjuang di dalam memenangkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PDIP bersama dengan partai-partai lain," kata Hasto.

Politisi asal Yogyakarta ini menyebut Effendi Simbolon sebagai sosok yang sangat memahami terhadap kebijakan-kebijakan pertahanan, bersifat objektif terkait dengan kebijakan dari Menhan Prabowo.

Misalnya terkait dengan kebijakan pembelian Pesawat jet Mirage dari Qatar yang merupakan kebijakan yang tidak tepat.

Bahkan, disebut berpotensi melanggar UU.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat