androidvodic.com

BPIP Gunakan Aplikasi Transparansi dalam Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional Tahun 2023 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila kini mengkoordinasikan pembentukan Paskibraka tingkat pusat.

Hal itu berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

“Dengan diundangkannya Perpres tersebut Program Paskibraka sejak tahun 2022 menjadi di bawah koordinasi BPIP,” kata Pembina Paskibraka BPIP Rima Agristina, di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Minggu (30/7/2023)

Ia mengatakan mulai tahun ini, proses rekrutmen dan seleksi calon Paskibraka dilaksanakan dengan dukungan aplikasi Transparansi Paskibraka. Tercatat sebanyak lebih dari 100 ribu pelajar yang mendaftar sebagai calon Paskibraka pada aplikasi Transparansi Paskibraka.

“Jumlah pendaftar yang tinggi menunjukkan tingginya animo putra-putri Indonesia untuk menjadi bagian dalam pengkaderan Calon Pemimpin Indonesia masa depan,” katanya.

Menurutnya dengan pendaftaran sistem online tersebut, seleksi anggota Paskibraka 2023 dapat terpantau. Calon Paskibraka diseleksi secara berjenjang dari mulai Kabupaten/Kota hingga ke Tingkat Pusat.

“Penilaian di seluruh tingkatan tidak saja didasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, namun didasarkan juga pada keseluruhan nilai yang mencakup Kesamaptaan, Peraturan Baris-Berbaris dan Kepribadian,” katanya.

Dari hasil seleksi yang dilakukan sebanyak 76 pelajar yang mewakili 38 provinsi terpilih untuk mengikuti Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan di Pemusatan Diklat Paskibraka Tingkat Pusat di Wiladatika Cibubur.

Sementara itu Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo atau yang karib disapa Romo Benny mengatakan penggunaan aplikasi tersebut agar program seleksi Calon Paskibraka transparan.

Baca juga: Bakal Jadi Duta Pancasila, Purna Paskibraka Nasional 2023 Diberi Pembekalan BPIP dan Lemhannas

“Menghindari adanya titip menitip calon anggota Paskibraka. Sehingga semua anak muda memiliki kesempatan yang sama,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat