androidvodic.com

Bangun Kesadaran pada Krisis Iklim, Film Tentang Banjir Rob Pekalongan Diluncurkan - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Climate Reality Indonesia meluncurkan film dokumenter terbaru, berjudul Degayu: Againts The Shore, tentang komunitas pesisir di kelurahan Degayu, Kota Pekalongan, yang terdampak banjir rob selama beberapa tahun terakhir.

Direktur Climate Reality Indonesia, Amanda Katili, PhD mengatakan film ini berupaya membantu mencarikan solusi bagi komunitas pesisir yang terdampak secara multi sektor.

"Besar harapan kami, kegiatan ini dapat menjadi media berjejaring untuk membangun aksi kolaborasi yang menghasilkan solusi", ujar Amanda.

Hal tersebut diungkapkan oleh Amanda pada acara peluncuran digelar di Gedung Planetarium, Kineforum, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Peluncuran film diisi dengan screening film, bedah film, dan diskusi interaktif.

Diskusi juga menggarisbawahi peran para sineas yang sejatinya lebih mampu menyuarakan kisah-kisah yang jarang terdengar dari krisis iklim, kepada dunia.

Degayu: Against the Shore diproduksi dan dipublikasi oleh ClimArt, salah satu gerakan pemuda dari Youth Climate Reality Leaders, dibawah Climate Reality Indonesia.

Fokus utama film Degayu: Againts The Shore adalah tentang banjir rob yang kini tengah mengancam wilayah pesisir jalur Pantai Utara Jawa Tengah, yang diprediksi sejumlah ahli berpotensi menenggelamkan sejumlah wilayah di Pekalongan.

Kondisi yang dihadapi Kelurahan Degayu ini, sebelumnya juga telah terjadi di Dusun Simonet, Wonokerto, Kabupaten Pekalongan.

Melalui karya ini, ClimArt mengusung kampanye #AgainstTheShore, untuk membangun aksi kolaboratif demi menemukan solusi dan inovasi kreatif bagi wilayah terdampak krisis iklim.

Produksi film ini bermitra dengan Mercy Corps Indonesia, Adaptation Fund, Kemitraan Partnership, dan Kelurahan Degayu.

Baca juga: Kampanyekan Penyelamatan Lingkungan, ICCEF Bahas Peran Pesantren dalam Mitigasi Perubahan Iklim

Film ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang dampak banjir rob sebagai salah satu konsekuensi dari krisis iklim serta menunjukkan upaya dan solusi yang diperjuangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Film "Degayu: Against the Shore" dibuat dengan konsep expository dan poetic documentary dimana paparan fakta lapangan diselingi oleh sentimen tentang hubungan manusia dengan krisis yang dihadapi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat