androidvodic.com

Wakil Ketua Umum Golkar Bantah Ada Dorongan ke Airlangga Hartarto untuk Gabung ke Gerindra  - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng, membantah adanya isu kalau Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto didorong untuk berkoalisi atau bekerja sama dengan Gerindra.

Dorongan itu dikabarkan dilakukan oleh DPD I Partai Golkar saat pertemuan dengan Airlangga Hartarto di Bali, beberapa hari lalu. Kata Mekeng, kalaupun desakan itu ada, maka hal tersebut bersifat pribadi.

Baca juga: Mekeng: Tak Selamanya Capres-cawapres Golkar Harus Airlangga Hartarto

"Engga ada, itu kan pendapat pribadi bukan pendapat institusi. Jadi itu mungkin omongan-omongan di setelah munas kan ngopi bareng jadi itu bukan statement resmi," kata Mekeng saat dimintai tanggapannya, Selasa (1/8/2023).

Mekeng lantas mengingatkan kepada para kader Partai Golkar untuk patuh pada mandat yang diberikan kepada Airlangga Hartarto sebagai ketua umum.

Dimana dalam mandat tersebut telah menyerahkan kepada Airlangga dalam menentukan koalisi serta capres dan cawapres.

"Kalau mereka kan sudah memberikan mandat kepada ketum untuk membicarakan soal koalisi. Tentunya mereka harus mendengarkan hasil pembicara ketua umum dengan koalisi," kata Mekeng.

Baca juga: Jusuf Kalla Sebut Golkar Harus Mandiri, Airlangga: Koalisi Diperlukan Jika Ingin Maju Pilpres

Bukan berarti kata Mekeng, setiap kader bisa memberikan statement tersendiri ihwal koalisi.

Kendati saat disinggung soal tindak lanjut dari komunikasi Golkar dengan PDIP, Mekeng menyebut, saat ini masih berproses.

"Masih berproses lah, kita tunggu ajaa kalau sekarang masih prematur untuk disampaikan itu," ujar dia.

"Semua masih proses, namanya kerja sama harus menguntungkan kedua belah pihak ini kan kerja sama politik gitu," tukas Mekeng.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Daerah (DPD) I Golkar di Kalimantan, Jawa hingga Sumatera menginginkan dukung Menteri Pertahanan RI sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi calon presiden (capres).

Hal tersebut disuarakan sejumlah DPD I Golkar saat pertemuan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto dengan Ketua DPD Golkar se-Indonesia di Hotel Mulia Resort, Nusa Dua, Bali pada Minggu 30 Juli 2023 malam.

Ketua DPD I Kalimantan Barat Partai Golkar Maman Abdurahman membenarkan hal tersebut. Namun begitu, Ia memahami masih belum semua DPD I Golkar yang menyatakan mendukung Prabowo jadi capres.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat