androidvodic.com

Cak Imin Singgung Habib Rizieq: Dia Hanya Menyontoh KH Manarul Gelar Apel Akbar - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyinggung nama Habib Rizieq Shihab (HRS) saat memberikan sambutan di Haul Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ke-14, di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat (4/8/2023).

Awalnya, Cak Imin menyapa sejumlah tokoh yang hadir pada acara tersebut, termasui satu diantaranya nama KH Manarul Hidayat.

KH Manarul Hidayat sendiri merupakan orang dekat dari Gus Dur.

"Bersyukur pada tokoh-tokoh yang hadir ini KH Manarul merangkap menjadi tangan kanan Gus Sur salah satunya KH manarul ini yang paling terkenal," kata Cak Imin.

Kemudian, Cak Imin menyebut bahwa KH Manarul lah yang merintis adanya apel akbar di tanah air.

Kala itu, Gus Dur dan KH Manarul sebagai ketua panitia menggelar apel akbar, yang isinya protes terhadap pemerintahan Presiden Soeharto.

"Belum ada yang namanya apel akbar, Gus dur dan KH Manarul ini lah yang merintis apel akbar di parkir timur," ucapnya.

"Mungkin ada yang belum lahir waktu tapi, tapi saya ingat betul apel akbar pertama di Republik setengah protes lah kepada pak Presiden Soeharto, ada protesnya ada penunjukkan kekuatan NU itu di apel akbar," lanjut Cak Imin.

Lantas, Cak Imin menyebut bahwa Habib Rizieq hanya menyontoh KH Manarul, menggelar apel akbar serupa, dengan nama yang berbeda.

"Jadi Habib Rizieq ini menyontoh aja dari yang dilakukan KH Manarul. Apel akbarnya pertama dengan jumlah yang sangat besar adalah Gus Dur dan ketua panitianya KH Manarul," ucapnya.

"Meskipun akhirnya hari ini kalau Habib Rizieq itu istilahnya apa, bukan apel akbar," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat