androidvodic.com

Perpusnas Minta Perguruan Tinggi Tingkatkan Kemampuan Literasi Lewat Perpustakaan - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, menjelaskan pihaknya adalah pembina dari seluruh perpustakaan di Indonesia.

Perpusnas, menurutnya, bertugas untuk memastikan aktivitas seluruh perpustakaan yang ada berjalan dengan baik.

"Semua fasilitas yang ada di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas di Jalan Medan Merdeka Selatan, gratis. Inovasi dan terobosan baru dari UPJ sangat mungkin untuk bisa diserbarluaskan melalui Perpusnas," ujar Syarif, Selasa (8/8/2023).

Hal tersebut diungkapkan oleh Syarif dalam peluncuruan dan peresmian fasilitas terbaru Perpustakaan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Perpusnas sendiri, kata Syarif, merupakan bagian daripada kampus.

Baca juga: Mantan Kajari Buleleng Jadi Tersangka Gratifikasi Proyek Perpustakaan Desa

Sehingga dirinya mengharapkan para mahasiswa datang untuk melakukan berbagai aktivitas khususnya yang berkaitan dengan peningkatan literasi di Perpusnas.

Dirinya menekankan bahwa perpustakaan perguruan tinggi tidak hanya berfungsi sebagai tempat belajar, namun harus juga berkontribusi bagi masyarakat.

"Perguruan tinggi yang ingin menjadi besar harus menjadikan perpustakaannya prioritas utama dalam mendukung pendalaman pengetahuan sivitas akademik,” pungkasnya.

Rektor UPJ, Leenawaty Limantara, Ph.D., UPJ menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Perpusnas karena dukungan besar yang diberikan kepada UPJ.

Terbukti hampir setiap tahun UPJ menerima sumbangan buku baik langsung dari Perpusnas maupun dari mitra Perpusnas seperti Asia Foundation.

Di kesempatan yang sama Kepala Perpusnas juga menyerahkan hibah kepada Perpustakaan UPJ berupa 1.500 eksemplar buku siap layan.

Ini adalah kali kedua Perpustakaan UPJ mendapatkan hibah dari perpusnas. 

Lebih lanjut Rektor UPJ, Leenawaty Limantara, Ph.D. menyampaikan bahwa buku-buku tersebut akan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Perpustakaan UPJ.

Acara ini juga dirangkaikan dengan Talkshow Literasi Kesejahteraan yang menghadirkan juga Dr. Dani Miftahul Akhyar, S.T., M.Si selaku Head of Community Development & PR Smartfren sebagai Narasumber ke-dua pada talkshow Literasi Kesejahteraan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat