androidvodic.com

Johnny G Plate di Persidangan Pertanyakan Mengapa Proyek BTS Kominfo Gunakan Skema Capex  - News

News, JAKARTA - Mantan Menkominfo Johnny G Plate di persidangan mempertanyakan kepada Direktur Infrastruktur BAKTI Bambang Nugroho mengapa proyek BTS Kominfo gunakan skema capex.

"Di dalam BAP 6 Juni 2023 dan dalam dakwaan saya atas capex dan opex. Di dalam BAP ada dialog antara saudara saksi dengan Anang Latif yang saat itu menjadi Direktur Utama dimana saudara berikan saran model opex," tanya Johnny G Plate di persidangan PN Tipikor Jakarta Pusat kepada Bambang, Selasa (15/8/2023).

"Pertanyaan saya apa yang mendasari saran opex tersebut?" tanya mantan Menkominfo tersebut.

"Saya menyarankan opex karena selama ini kita sudah berjalan BTS model konsep layanan dan kita belum pernah melakukan opex model," jawab Bambang.

"Terus terang itu yang saya tanyakan ke Pak Anang saat itu ," lanjutnya.

"Oke jadi karena belum pernah menggunakan model capex dan pernah melaksanakan model opex. Kalau saudara melaksanakan model opex berarti membutuhkan ada penyedia yang membangun BTS itu betul?" tanya Jhonny Plate.

"Betul," jawab Bambang.

"Menurut saudara saat menyarankan model opex. Apakah akan ada penyedia yang akan melakukan pembangunan BTS atas biaya sendiri tersebut," tanya Jhonny Plate.

"Kalau menggunakan model opex maka dibutuhkan kerjasama pemerintah dengan badan usaha. Agar penyedia bisa membangun," tanya Jhonny Plate.

"Apakah saudara telah melakukan telaah atas skema tersebut?" tanya Jhonny Plate.

"Belum," jawab Bambang.

"Apakah skema tersebut telah suadara sampaikan ke Kemenkeu untuk mendapatkan persetujuan," tanya Jhonny Plate.

"Belum," jawab Bambang.

"Apakah kalau metode KPBU membutuhkan jaminan pemerintah," tanya Jhonny Plate.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat