androidvodic.com

VIDEO BI Luncurkan QRIS Tuntas, Bisa Tarik Tunai dan Transfer hingga Setor Tunai - News

News, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) meluncurkan standar nasional bagi fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer dan setor tunai (QRIS Tuntas) pada perayaan Hari Ulang Tahun KE-78 Kemerdekaan RI, Kamis (17/8/2023).

Peluncuran yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, sebagai bentuk kontribusi Bank Indonesia bagi negeri.

Hal itu disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo kepada wartawan di Kantor BI, Kamis (17/8/2023).

"QRIS Tuntas bertujuan mendorong inklusi melalui perluasan akses pembayaran digital kepada seluruh lapisan masyarakat."

"Khususnya masyarakat kecil, dengan jangkauan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah pelosok atau wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T)," kata Perry.

Perry bilang, implementasi QRIS Tuntas bagi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mengembangkan fitur tarik tunai, transfer dan setor tunai dilakukan secepat-cepatnya pada 1 September 2023 dan selambat-lambatnya 30 November 2023.

"Inisiatif ini sebagai wujud nyata komitmen Bank Indonesia dalam pengembangan inovasi fitur QRIS secara berkelanjutan sebagai bagian dari implementasi Blueprint Sistem Pembayaran (BSPI) 2025, untuk mengakselerasi inklusi ekonomi dan keuangan digital sekaligus mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," paparnya.

Perry mengatakan, QRIS Tuntas diarahkan untuk mendukung stabilitas sistem pembayaran melalui interkoneksi dan interoperabilitas antar penyelenggara dan sumber dana.

Serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui skema harga yang efisien dengan tetap memastikan keberlangsungan layanan oleh industri.

Sebagai game changer pembayaran digital, fitur QRIS Tuntas memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan transfer dana antar pengguna QRIS, serta tarik tunai, dan setor tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM)/ Cash Deposit Machine (CDM) atau agen QRIS TUNTAS.

"Hal ini yang membedakan dengan fitur QRIS sebelumnya yang bertujuan untuk melakukan pembayaran," tegasnya.

Cara menggunakan fitur QRIS Tuntas, pengguna dapat memindai QRIS menggunakan aplikasi pembayaran secara terinterkoneksi antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Lembaga Selain Bank yang dapat memfasilitasi sumber dana baik simpanan bank maupun uang elektronik server-based.(News/Nitis Hawaroh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat